HUBUNGAN ANTARA KEHIDUPAN
SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
A. Kondisi
Sosial Ekonomi
Berbicara tentang kondisi sosial ekonomi suatu
komunitas masyarakat, maka tidak terlepas dari ketersediaan beberapa sarana
perekonomian, seperti tempat perbelanjaan atau pasar, tempat pelelangan seperti
pasar ikan dan pasar ternak, transfortasi serta pendukung lainnya.
Selengkapnya Hubungai
085242472483
B. Prestasi Belajar
Prestasi belajar siswa peneliti
mengukurnya dengan menggunakan 3 indikator, yaitu prestasi belajar berupa
kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Analisis distribusi responden dalam
hal prestasi belajar menunjukkan bahwa pada umumnya siswa memperoleh prestasi
belajar yang tinggi. Tingginya kategori pencapaian prestasi belajar tersebut
berdasarkan besarnya jumlah jawaban responden yang menyatakan selalu memperoleh
prestasi belajar yang tinggi, yaitu
nilai bobot rata-rata mencapai 89,30 persen. Untuk memperjelas prestasi
belajar siswa, peneliti uraikan dalam Tabel 6
Tabel 6
Prestasi Belajar siswa
Tingkat prestasi belajar
|
Indikator
|
Rata-rata
|
||||||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||||
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
|
Sangat tinggi
|
25
|
100,00
|
22
|
88,00
|
20
|
80,00
|
21
|
84,00
|
Tinggi
|
-
|
-
|
3
|
12,00
|
5
|
20,00
|
4
|
16,00
|
Sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kurang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Sangat kurang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
J u m l a h
|
25
|
100,00
|
25
|
100,00
|
25
|
100,00
|
25
|
100,00
|
Sumber Data: Jawaban Item Nomor 1-3,
Penelitian 2010
Selengkapnya Hubungai
085242472483
C. Hubungan antara Kondisi Sosial Ekonomi
Orang Tua Siswa dengan Prestasi
Belajar Siswa
Sebelum menguraikan masalah tersebut,
terlebih dahulu pnulis membahas pengaruh kehidupan sosial ekonomi orang tua
terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
Untuk itu, dalam mengukur pengaruh
faktor sosial ekonomi orang tua dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa, peneliti menggunakan indikator tunggal,
yaitu faktor sosial ekonomi orang tua
dapat meningkatkan prestasi belajar.
Berdasarkan data
yang diperoleh penulis, dapat dikemukakan bahwa dengan kondisi perekonomian
masyarakat atau orang tua, maka segala kebutuhan siswa dalam hal kelengkapan
alat pelajaran seperti alat tulis menulis, buku tulis dan buku paket, serta
penunjang lainnya dapat terpenuhi, sehingga siswa belajar secara efektif dan
efisien serta berdaya guna dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Selengkapnya Hubungai
085242472483
D. Upaya yang Dilakukan dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa
Untuk mengukur upaya
yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, peneliti menggunakan
dua indikator, yaitu membangkitkan minat belajar siswa dengan memenuhi
kebutuhan buku paket bagi siswa, dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran.
1. Membangkitkan minat belajar siswa
dengan memenuhi kebutuhan buku paket bagi siswa
Berdasarkan data yang diperoleh penulis, dapat dikemukakan
bahwa dengan pengadaan buku paket oleh orang tua, maka siswa termotivasi untuk
belajar tuntas sehingga prestasinya meningkat. Untuk lebih memperjelas hal
tersebut, penulis uraikan dalam Tabel 9
Selengkapnya Hubungai
085242472483
Tidak ada komentar:
Posting Komentar