KOMPETENSI
GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE
Tesis
untuk memenuhi
sebagian persyaratan
mencapai
derajat Magister
Program Studi
Magister Pengkajian Islam
oleh
Hasan
Basri
No. Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS
MUSLIM INDONESIA
2010
TESIS
KOMPETENSI
GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE
oleh
Hasan Basri
No.
Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003
disetujui untuk
diujikan
Komisi
Pembimbing
Ketua,
Prof. DR. H.
Mappanganro, MA Tanggal
Anggota,
DR. H. M. Arief Halim, MA Tanggal
Menyetujui
:
Ketua Program
Studi Magister Pengkajian Islam
DR. H. M. Arief Halim, MA
TESIS
KOMPETENSI
GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE
oleh
Hasan Basri
No. Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003
Telah
dipertahankan dihadapan Tim Penguji
pada tanggal ………………
dan telah
diperbaiki
Komisi
Pembimbing
Ketua, Anggota,
Prof. DR. H. Mappanganro, MA DR. H.M.
Arief Halim, MA
Program
Magister Pendidikan Islam
Ketua,
DR. H. M. Arief Halim, MA
PRAKATA
e
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ
وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ لأَ نْبِيَا ءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آ لِهِ وَ أَصْحَا بِهِ أَجْمَعِيْنَ
Pertama-tama penulis
mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wataala, atas limpahan
rahmat dan taufiq-Nya
kepada penulis, sehingga tesis ini dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah
direncanakan. Tesis ini diberi judul “Kompetensi
Guru dalam Perspektif Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah DDI
Kota Parepare”
Dalam penulisan tesis ini, penulis mendapatkan bantuan dari berbagai pihak,
terutama dari bapak Prof.
DR. H. Mappanganro, MA dan DR. H.M. Arief Halim, MA., masing-masing sebagai ketua dan anggota Komisi Pembimbing yang telah
memberikan bimbingan, saran dan dorongan kepada penulis, sejak penyusunan
proposal hingga penyelesaian tesis ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini,
dengan segala kerendahan hati, penulis menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya.
Penghargaan dan
ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya disampaikan kepada Rektor Universitas
Muslim Indonesia Makassar, Direktur Program Pascasarjana UMI Makassar, Ketua
Program Studi Magister Pengkajian Islam, dan bapak/ibu dosen serta para karyawan
Program Pascasarjana UMI Makassar atas kesempatan, dorongan, dan arahannya yang
telah diberikan selama mengikuti studi hingga saat ini.
Selanjutnya
ucapan terima kasih yang sangat pribadi penulis sampaikan kepada kedua orang
tua, mertua, isteri dan anak-anak yang tercinta atas doa restu dan dorongannya
sehingga tesis ini dapat diselesaikan.
Semoga budi
jasa yang telah disumbangkan kepada penulis tersebut, bernilai ibadah dan
memperoleh imbalan yang berlipat ganda di sisi Allah swt, Amin.
Parepare, 02
Nopember 2010
Penulis,
Hasan
Basri
PERNYATAAN
KEASLIAN PENELITIAN
Dengan penuh kesadaran, penulis yang bertanda tangan di
bawah ini, menyatakan bahwa Tesis ini benar adalah hasil karya penyusun sendiri.
Jika kemudian hari terbukti bahwa ia merupakan duplikat,
tiruan, plagiat, atau dibuat orang lain, maka tesis dan gelar yang diperoleh
karenanya, batal demi hukum.
Makassar,
02 Nopember 2010
Yang
membuat pernyataan,
Hasan Basri
ABSTRAK
Nama : Hasan Basri
Nomor Induk Mahasiswa :
429.03.14.2003
Judul Penelitian : Kompetensi Guru dalam Perspektif Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
Komisi Pembimbing : Prof. DR. H.
Mappanganro, MA
(Ketua)
DR. H.M. Arief Halim, MA
(Anggota)
Kata-kata kunci : Kompetensi Guru, Madrasah Tsanawiyah
Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kompetensi guru dalam perspektif pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota
Parepare, dan (2) mengkaji efektivitas
kompetensi guru dalam kegiatan
pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif tentang kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran pada Madrasah
Tsanawiyah Kota Parepare. Populasi
penelitian adalah semua guru pada 2 Madrasah
Tsanawiyah di Kota Parepare yang berjumlah 44 orang,
dan seluruh siswa yang berjumlah 196 orang. Pengumpulan data tentang kompetensi profesionalisme guru dan kegiatan
pembelajaran pada 2 Madrasah
Tsanawiyah Kota Parepare dilakukan dengan
menggunakan kuesioner. Sementara pengumpulan data pendukung
digunakan teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi profesionalisme guru dalam perspektif
pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare dikategorikan
tinggi, dan (2) efektivitas kompetensi profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota
Parepare berada pada kategori tinggi.
Kompetensi profesionalisme guru dalam perspektif pembelajaran pada Madrasah
Tsanawiyah Kota Parepare teridentifikasi dengan kemampuan
melaksanakan sepuluh kompetensi guru, sehingga kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah tersebut secara efisien
dan efektif.
ABSTRACT
Name
: Hasan Basri
Student Number : 429.03.14.2003
Title
of Thesis : Interest Learn is In perpective
of Study at Tsanawiyah Town Madrasah of Parepare.
Counselor Commission : Prof. DR. H.
Mappanganro, MA
(Chief/Passed
Away)
DR. H. M. Arief Halim, MA
(Member)
Key Words :
Interest Teacher, Madrasah
Tsanawiyah.
This research aim to ( 1) interest learn is in
perpective study at Madrasah Tsanawiyah Town Parepare, and ( 2) studying
interest effectiveness learn in activity study at Madrasah Tsanawiyah Town
Parepare. This Type Research is descriptive qualitative about interest learn in
activity of study [at] Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare. Population
Research is all teacher at 2 Madrasah Tsanawiyah in Town of Parepare amounting
to 44 people, and entire/all student amounting to 196 people. Data collecting
about professionalism interest learn and activity of study at 2 Madrasah
Tsanawiyah Town of Parepare done/conducted by using kuesioner. Whereas data
collecting of supporter used by technique interview and documentation. Result of research indicate that ( 1)
professionalism interest learn in is in perpective study at Madrasah Tsanawiyah
Town of Parepare categorized is high, and ( 2) professionalism interest effectiveness
learn in activity study at Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare reside in high
category. Professionalism interest learn in is in perpective study at Madrasah
Tsanawiyah Town of Parepare identified ably execute ten teacher interest, so
that activity of study at the Madrasah Tsanawiyah efficiently and is effective.
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL................................................................................................. i
HALAMAN
JUDUL................................................................................................... ii
HALAMAN
PENGESAHAN.................................................................................... iii
PRAKATA.................................................................................................................. iv
PERNYATAAN
KEASLIAN PENELITIAN........................................................... vi
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. vii
ABSTRAK.................................................................................................................. ix
ABSTRACT................................................................................................................. x
DAFTAR
TABEL ...................................................................................................... xi
DAFTAR GAMBAR................................................................................................ xiii
DAFTAR
LAMPIRAN............................................................................................ xiv
BAB I. PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.
Latarbelakang Masalah............................................................................. 1
B.
Rumusan dan Batasan Masalah ............................................................... 6
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian................................................................. 6
D. Pengertian Judul dan Definisi Operasional............................................... 8
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA............................................................................. 10
A. Hubungan dengan penelitian
sebelumnya.............................................. 10
B. Landasan Teori........................................................................................ 12
1. Kompetensi Guru.............................................................................. 12
a. Pengertian guru........................................................................ 12
b. Pengertian kompetensi............................................................. 15
c. Peranan dan tugas guru............................................................ 17
d. Kompetensi profesional guru................................................... 22
2.
Perspektif Pembelajaran.................................................................... 26
a.
Pengertian Pembelajaran.......................................................... 27
b.
Pengertian Pembelajaran menurut Perspektif
Pendidikan
Islam..................................................................... 30
3.
Madrasah Tsanawiyah...................................................................... 39
a. Sejarah dan Landasan ............................................................. 39
b.
Tujuan...................................................................................... 40
c.
Filosofi..................................................................................... 41
d. Karakteristik Madrasah
Tsanawiyah...................................... 43
C.
Kerangka Pikir........................................................................................ 50
BAB III. METODE PENELITIAN.......................................................................... 52
A. Jenis Penelitian...................................................................................... 52
B. Lokasi Penelitian................................................................................... 52
C. Populasi dan Sampel.............................................................................. 53
D. Teknik
Pengumpulan Data.................................................................... 55
E. Teknik analisis data................................................................................ 55
BAB IV. HASIL PENELITIAN............................................................................... 57
A. Deskripsi Wilayah Penelitian.................................................................. 57
B.
Kondisi
Umum Madrasah TsanawiyahKota Parepare dan
Karakteristik
Responden........................................................................ 62
C. Kompetensi Profesional Guru pada
Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare.................................................... 67
D. Efektivitas Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran
Terhadap
Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota
Parepare..................... 84
BAB V. PENUTUP ................................................................................................ 101
A.
Kesimpulan ......................................................................................... 101
B.
Saran .................................................................................................... 102
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 103
LAMPIRAN............................................................................................................. 107
DAFTAR TABEL
1.
Populasi Guru Madrasah
Tsanawiyah DDI
Kota Parepare Tahun 2010............................................................................. 53
2. Populasi
Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI
Kota Parepare Tahun 2010............................................................................. 54
3. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Parepare
Tahun 2006-2009........................ 60
4. Kondisi Umum Madrasah
TsanawiyahKota Parepare
Tahun
2010..................................................................................................... 64
5. Distribusi responden guru menurut kelompok umur...................................... 65
6. Distribusi responden menurut tingkat pendidikan......................................... 66
7. Distribusi responden dalam
hal guru memahami bahan pengajaran............... 68
8. Distribusi responden
menurut guru memahami
penyusunan dan penyajian satuan
pengajaran................................................ 70
9. Distribusi responden
menurut guru memahami
metode
pengajaran............................................................................... ......... 72
10. Distribusi responden
menurut guru memahami
penggunaan
alat dan media pengajaran.......................................................... 73
11. Distribusi responden menurut guru memahami
teknik
evaluasi ......... 75
12. Distribusi responden menurut guru
memahami
penyusunan
LKS................................................................................................ 77
13. Distribusi responden menurut guru
memahami
pola-pola
bimbingan yang disesuaikan
dengan
masalah siswa.................................................................................... 79
14. Tingkat kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah
Kota
Parepare................................................................................................. 82
15 Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran
dalam hal menguasai materi pengajaran................................... 85
16. Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran
dalam hal menyajikan satuan pengajaran
yang
telah dibuat............................................................................................ 87
17. Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran
di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
dalam
hal menguasai metode pengajaran....................................................... 88
18. Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran
di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
dalam hal
menguasai
penggunaan alat dan media pengajaran.............................. ......... 90
19. Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran
di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare dalam
hal
menguasai teknik evaluasi........................................................................ 92
20. Distribusi responden
menurut profesionalisme guru dalam kegiatan
Dalam
hal menyusun dan menggunakan LKS............................................... 93
21. Distribusi responden menurut
profesionalisme guru dalam
dalam
hal menguasai pola-pola bimbingan yang
disesuaikan
dengan masalah Siswa................................................................ 95
22. Tingkat profesionalisme guru dalam
kegiatan pembelajaran
di
Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare.............................................. ......... 97
DAFTAR
GAMBAR
1. Histogram
tingkat kompetensi profesionalisme guru pada
Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare......................................................... 83
2. Histogram
kategorisasi tingkat efektivitas kompetensi
profesionalisme guru dalam kegiatan
pembelajaran di
Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare......................................................... 98
DAFTAR LAMPIRAN
1. Instrumen kompetensi guru pada
Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare....................................................... 107
2. Surat
izin penelitian dari program Pascasarjana UMI Makassar....... ....... 115
3. Surat
uzin penelitian dari Departemen Agama Kota Parepare.................. 116
4. Surat
Keterangan bukti penelitian............................................................. 117
5. Daftar
riwayat hidup................................................................................. 118
Tidak ada komentar:
Posting Komentar