Sabtu, 06 November 2010

KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE


KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE



Tesis
untuk memenuhi sebagian persyaratan
mencapai derajat Magister


Program Studi Magister Pengkajian Islam



Umi 1



oleh

Hasan Basri
No. Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003



PROGRAM  PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR

2010

TESIS

KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE



oleh
Hasan Basri
No. Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003

disetujui untuk diujikan


Komisi Pembimbing

Ketua,



Prof. DR. H. Mappanganro, MA                                  Tanggal    



Anggota,



DR. H. M. Arief Halim, MA                                           Tanggal    



Menyetujui :
Ketua Program Studi Magister Pengkajian Islam




DR. H. M. Arief Halim, MA



TESIS

KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI KOTA PAREPARE




oleh
Hasan Basri
No. Induk Mahasiswa : 429.03.14.2003

Telah dipertahankan dihadapan Tim Penguji
pada tanggal ………………‏‏
dan telah diperbaiki



Komisi Pembimbing


Ketua,                                                                             Anggota,



Prof. DR. H. Mappanganro, MA                                   DR. H.M. Arief Halim, MA 




                                     Makassar, ………………
Program Magister Pendidikan Islam
Ketua,



DR. H. M. Arief Halim, MA



                                                 
PRAKATA
e
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ لأَ نْبِيَا ءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آ لِهِ وَ أَصْحَا بِهِ أَجْمَعِيْنَ
Pertama-tama penulis mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wataala, atas limpahan rahmat dan taufiq-Nya kepada penulis, sehingga tesis ini dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah direncanakan. Tesis ini diberi judul “Kompetensi Guru dalam Perspektif Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah DDI Kota Parepare
Dalam penulisan tesis ini, penulis mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, terutama dari bapak Prof. DR. H. Mappanganro, MA dan DR. H.M. Arief Halim, MA., masing-masing sebagai ketua dan anggota Komisi Pembimbing yang telah memberikan bimbingan, saran dan dorongan kepada penulis, sejak penyusunan proposal hingga penyelesaian tesis ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, penulis menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya.
Penghargaan dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya disampaikan kepada Rektor Universitas Muslim Indonesia Makassar, Direktur Program Pascasarjana UMI Makassar, Ketua Program Studi Magister Pengkajian Islam, dan bapak/ibu dosen serta para karyawan Program Pascasarjana UMI Makassar atas kesempatan, dorongan, dan arahannya yang telah diberikan selama mengikuti studi hingga saat ini.
Selanjutnya ucapan terima kasih yang sangat pribadi penulis sampaikan kepada kedua orang tua, mertua, isteri dan anak-anak yang tercinta atas doa restu dan dorongannya sehingga tesis ini dapat diselesaikan.
Semoga budi jasa yang telah disumbangkan kepada penulis tersebut, bernilai ibadah dan memperoleh imbalan yang berlipat ganda di sisi Allah swt, Amin.

                                                                                    Parepare,  02 Nopember 2010
                                                                                    Penulis,



                                                                                    Hasan Basri                                    












PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN

Dengan penuh kesadaran, penulis yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa Tesis ini benar adalah hasil karya penyusun sendiri.
Jika kemudian hari terbukti bahwa ia merupakan duplikat, tiruan, plagiat, atau dibuat orang lain, maka tesis dan gelar yang diperoleh karenanya, batal demi hukum.


                                                                        Makassar, 02 Nopember 2010
                                                                        Yang membuat pernyataan,
                                                                       
                                                                        Hasan Basri











ABSTRAK

Nama                                        :  Hasan Basri
Nomor Induk Mahasiswa         :  429.03.14.2003
Judul Penelitian            :   Kompetensi Guru dalam Perspektif Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
Komisi Pembimbing                 : Prof. DR. H. Mappanganro, MA
                                                     (Ketua)
                                                     DR. H.M. Arief Halim, MA
                                                     (Anggota)
Kata-kata kunci                        : Kompetensi Guru, Madrasah Tsanawiyah



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kompetensi guru dalam perspektif pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare, dan (2) mengkaji efektivitas kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif tentang kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare. Populasi penelitian adalah semua guru pada 2 Madrasah Tsanawiyah di Kota Parepare yang berjumlah 44 orang, dan seluruh siswa yang berjumlah 196 orang. Pengumpulan data tentang kompetensi profesionalisme guru dan kegiatan pembelajaran pada 2 Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sementara pengumpulan data pendukung digunakan teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi profesionalisme guru dalam perspektif pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare dikategorikan tinggi, dan (2) efektivitas kompetensi profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare berada pada kategori tinggi.
Kompetensi profesionalisme guru dalam perspektif pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare teridentifikasi dengan kemampuan melaksanakan sepuluh kompetensi guru, sehingga kegiatan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah tersebut secara efisien dan efektif.






ABSTRACT

Name                                 :  Hasan Basri
Student  Number               :  429.03.14.2003
Title of Thesis                    :  Interest Learn is In perpective of Study at Tsanawiyah Town Madrasah of Parepare.

Counselor Commission     :   Prof. DR. H. Mappanganro, MA
                                              (Chief/Passed Away)
                                              DR. H. M. Arief Halim, MA
                                              (Member)
Key Words                        :   Interest Teacher, Madrasah Tsanawiyah.



This research aim to ( 1) interest learn is in perpective study at Madrasah Tsanawiyah Town Parepare, and ( 2) studying interest effectiveness learn in activity study at Madrasah Tsanawiyah Town Parepare. This Type Research is descriptive qualitative about interest learn in activity of study [at] Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare. Population Research is all teacher at 2 Madrasah Tsanawiyah in Town of Parepare amounting to 44 people, and entire/all student amounting to 196 people. Data collecting about professionalism interest learn and activity of study at 2 Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare done/conducted by using kuesioner. Whereas data collecting of supporter used by technique interview and documentation.  Result of research indicate that ( 1) professionalism interest learn in is in perpective study at Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare categorized is high, and ( 2) professionalism interest effectiveness learn in activity study at Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare reside in high category. Professionalism interest learn in is in perpective study at Madrasah Tsanawiyah Town of Parepare identified ably execute ten teacher interest, so that activity of study at the Madrasah Tsanawiyah efficiently and is effective.

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN SAMPUL................................................................................................. i
HALAMAN JUDUL................................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................... iii
PRAKATA.................................................................................................................. iv
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN........................................................... vi
DAFTAR ISI.............................................................................................................. vii
ABSTRAK.................................................................................................................. ix
ABSTRACT................................................................................................................. x
DAFTAR TABEL ...................................................................................................... xi

DAFTAR GAMBAR................................................................................................ xiii

DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................ xiv
BAB I.   PENDAHULUAN........................................................................................ 1
               A. Latarbelakang Masalah............................................................................. 1
               B. Rumusan dan Batasan Masalah ............................................................... 6
               C. Tujuan dan Manfaat Penelitian................................................................. 6
               D. Pengertian Judul dan Definisi Operasional............................................... 8
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA............................................................................. 10
   A. Hubungan dengan penelitian sebelumnya.............................................. 10
   B. Landasan Teori........................................................................................ 12
1. Kompetensi Guru.............................................................................. 12
a. Pengertian guru........................................................................ 12
b. Pengertian kompetensi............................................................. 15
c. Peranan dan tugas guru............................................................ 17
d. Kompetensi profesional guru................................................... 22
                      2. Perspektif Pembelajaran.................................................................... 26
                               a. Pengertian Pembelajaran.......................................................... 27
                               b. Pengertian Pembelajaran menurut Perspektif
                                   Pendidikan Islam..................................................................... 30
                      3. Madrasah Tsanawiyah...................................................................... 39
a. Sejarah dan Landasan ............................................................. 39
                               b. Tujuan...................................................................................... 40
                               c. Filosofi..................................................................................... 41
d. Karakteristik  Madrasah  Tsanawiyah...................................... 43
               C. Kerangka Pikir........................................................................................ 50

BAB III. METODE PENELITIAN.......................................................................... 52
A. Jenis Penelitian...................................................................................... 52
B. Lokasi Penelitian................................................................................... 52

C. Populasi dan Sampel.............................................................................. 53

D. Teknik Pengumpulan Data.................................................................... 55

E. Teknik analisis data................................................................................ 55

BAB IV. HASIL PENELITIAN............................................................................... 57
               A. Deskripsi Wilayah Penelitian.................................................................. 57 
                B.                                                                                                        Kondisi Umum Madrasah TsanawiyahKota Parepare dan
                     Karakteristik Responden........................................................................ 62
               C. Kompetensi Profesional Guru pada 
                    Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare.................................................... 67
               D. Efektivitas Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran
   Terhadap Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare..................... 84
BAB  V. PENUTUP ................................................................................................ 101
              A. Kesimpulan  ......................................................................................... 101                                            
              B. Saran .................................................................................................... 102
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 103                                           
LAMPIRAN............................................................................................................. 107













DAFTAR TABEL 

1.          Populasi Guru Madrasah Tsanawiyah DDI
             Kota Parepare Tahun 2010............................................................................. 53

2.          Populasi Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI
             Kota Parepare Tahun 2010............................................................................. 54

 

3.          Pendapatan Asli Daerah (PAD) Parepare Tahun 2006-2009........................ 60


4.          Kondisi Umum Madrasah TsanawiyahKota Parepare
             Tahun 2010..................................................................................................... 64

5.          Distribusi responden guru menurut kelompok umur...................................... 65


6.          Distribusi responden menurut tingkat pendidikan......................................... 66

7.          Distribusi responden dalam hal guru memahami bahan pengajaran............... 68


8.          Distribusi responden menurut guru memahami

             penyusunan dan penyajian satuan pengajaran................................................ 70

 

9.          Distribusi responden menurut guru memahami

             metode pengajaran............................................................................... ......... 72


10.        Distribusi responden menurut guru memahami

             penggunaan alat dan media pengajaran.......................................................... 73

 

11.        Distribusi responden menurut guru memahami

             teknik evaluasi                                                                                       ......... 75

 

12.        Distribusi responden menurut guru memahami

             penyusunan LKS................................................................................................        77

 

13.        Distribusi responden menurut guru memahami

             pola-pola bimbingan yang disesuaikan

             dengan masalah siswa.................................................................................... 79

 

14.        Tingkat kompetensi guru  Madrasah Tsanawiyah
             Kota Parepare................................................................................................. 82

15         Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             pembelajaran dalam hal menguasai materi pengajaran................................... 85


16.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             pembelajaran dalam hal menyajikan satuan pengajaran

             yang telah dibuat............................................................................................ 87


17.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare 

             dalam hal menguasai metode pengajaran....................................................... 88

 

18.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare  dalam hal

             menguasai penggunaan alat dan media pengajaran.............................. ......... 90

 

19.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare dalam

             hal menguasai teknik evaluasi........................................................................ 92

 

20.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam kegiatan

             Dalam hal menyusun dan menggunakan LKS............................................... 93


21.        Distribusi responden menurut profesionalisme guru dalam

             dalam hal menguasai pola-pola bimbingan yang

             disesuaikan dengan masalah Siswa................................................................ 95


22.        Tingkat profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran
             di Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare.............................................. ......... 97




















DAFTAR GAMBAR


1.             Histogram tingkat kompetensi profesionalisme guru pada
                Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare......................................................... 83

2.             Histogram kategorisasi tingkat efektivitas kompetensi
                profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran di 
                Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare......................................................... 98




































DAFTAR LAMPIRAN

1.             Instrumen kompetensi guru pada 
                Madrasah Tsanawiyah Kota Parepare....................................................... 107
2.             Surat izin penelitian dari program Pascasarjana UMI Makassar....... ....... 115
3.             Surat uzin penelitian dari Departemen Agama Kota Parepare.................. 116
4.             Surat Keterangan bukti penelitian............................................................. 117
5.             Daftar riwayat hidup................................................................................. 118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar