Rabu, 17 November 2010
Risqa
SKRIPSI
MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI PINRANG
RISQA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2010
MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI PINRANG
SKRIPSI
Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Makassar untuk Memenuhi
Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Oleh:
RISQA
NIM. 074 924 411
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2010
PERSETUJUAN PEMBIMBINA
Skripsi dengan judul “Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang”
Atas Nama :
Nma : Risqa
Nomor Induk Mahasiswa : 074 924 411
Jurusan / Prodi : PGAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Setelah diperiksa dan diteliti, telah memenuhi syarat untuk diujikan
Makassar, …………………2010
Pembimbing I, Pembimbing II,
Dra. Sumartini, M.Pd Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd.
Nip. 19491228 197803 2 002 Nip. 19752404 200604 1 001
Disahkan :
Ketua Jurusan/Prodi PGAUD,
Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si
Nip. 19500911 197903 2 001
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI
Skripsi diterima oleh Panitia Ujian Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dengan SK Dekan No. …/J38.I.3.1/PP/2010 Tanggal ………….2010 untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini pada hari ………. Tanggal……..2010.
Disahkan Oleh
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan
Drs. Ismail Tolla, M.Pd.
Nip. 19531230 198003 1 005
Panitia Ujian:
1. Ketua : (………………………...)
2. Sekertaris : (………………………...)
3. Pembimbing I : Dra. Sumartini, M.Pd. (………………………...)
4. Pembimbing II : Muhammad Akil Musi, S.Pd, M.Pd (………………………...)
5. Penguji I : (………………………...)
6. Penguji II : (………………………...)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : RISQA
Nomor Induk Mahasiswa : 074 924 411
Jurusan / Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Judul Skripsi : ”Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Merode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang”
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya tulis ini benar merupakan hasil karya saya sendiri dan bukan merupakan pengambilan tulisan atau pikiran orang lain yang saya akui sebagai hasil tulisan atau pikiran sendiri.
Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku.
Parepare, 01 September 2010
Yang Membuat Pernyataan
RISQA
NIM. 074 924 411
MOTTO
Hidup adalah sebuah tantangan, maka hadapilah
Hidup adalah sebuah lagu, maka nyanyikanlah
Hidup adalah sebuah mimpi, maka sadarilah
Hidup adalah sebuah permainan, maka permainkanlah
Hidup adalah cinta, maka nikmatilah
Tidak ada rahasia iuntuk menggapai sukses
Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari Kegagalan (Hukuman)
PERSEMBAHAN :
Kupersembahkan skripsi ini untuk :
1. Keluarga tercinta Bapak, Ibu, Suami, dan Adik yang selalu memberi dukungan dan semangat.
2. Teman-temanku seangkatan tahun 2007 yang telah memberi dukungan moril maupun spiritual
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan susunan skripsi dengan judul “Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang”
Skripsi ini diajukan untuk memenuhi sebagai syarat dalam menyelesaikan program Studi Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini pada Fakultas Ilmu Pendidikan Unifersitas Negeri Makassar
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1. Ibu Dra. Hj. Bulkis Said, M. Si selaku Ketua Jurusan/Prodi PGAUD Unuversitas Negeri Makassar
2. Ibu Dra. Sumartini, M.Pd. selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk serta saran dalam penyusunan skripsi ini.
3. Bapak Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk serta saran dalam penyusunan skripsi ini.
4. Bapak Dan Ibu Dosen Jurusan/Prodi Jurusan PGAUD yang telah membari bekal kepada peneliti dalam penyusunan skripsi
5. Kepala Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang yang telah memberi dorongan dan semangat serta mengijinkan peneliti mengadakan penelitian di TK Petiwi Pinrang.
6. Bapak dan Ibu serta keluarga tercinta yang telah memberikan bimbingan, dorongan serta do’a restu sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
7. Teman-teman PGAUD angkatan 2007 dan saudara seperjuanganku yang telah memberi semangat, motivasi dan bantuan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini
Kami menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu dengan senang hati penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun dari kemajuan bersama.
Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pembaca.
Penulis,
RISQA
NIM. 074 924 411
DAFTAR ISI
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ii
HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ii
HALAMAN PENGESAHAN iii
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI iv
KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vii
ABSTRAK ix
BAB I. PENDAHULUAN 1
A. Latar Belaang Masalah 1
B. Fokus Masalah 4
C. Tujuan Penelitian 4
D. Manfaat Penelitian 5
BAB II. KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR 6
A. Kajian Pustaka 6
1. Perilaku Sosial 6
2. Bermain Peran 11
B. Kerangka Pikir 16
BAB III. METODE PENELITIAN 18
A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 18
B. Fokus Penelitian 18
C. Deskripswi Lokasi Penelitian 19
D. Unit Analisis 19
E. Teknik Pengumpulan Data 20
F. Anilisis dan Validasi Data 21
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 22
A. Hasil Penelitian 22
1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian 22
2. Mengembangkan perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran
di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang 24
B. Pembahasan 32
BAB V. PENUTUP 35
A. Kesimpulan 35
B. Saran-Saran 36
DAFTAR PUSTAKA 37
LAMPIRAN 38
ABSTRAK
Risqa, 2010. Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Sumarti dan Muhammad Akil Musi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menjadikan 9 orang guru Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terhadap aktivitas belajar anak dalam kaitannya dengan penerapan metode bermain peran, serta teknik wawancara terhadap 9 orang guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perilaku sosial melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang adalah bahwa peningkatan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang adalahbahwa setiap anak senantiasa memberikan pujian terhadap keberhasilan orang lain dan kepada orang yang telah memberi pertolongan dan bantuan kepadanya. Anak dapat mengemukakan keluhannya pada teman curhatnya, serta menyatakan penolakan terhadap sesuatu yang tidak disetujuinya. Selain itu, anak saling bertukar pengalaman dan memberi tahu kepada teman apa yang diketahuinya, serta anak senantiasa memberi saran untuk kepentingan bersama dan anak senantiasa memelihara pertemanan dan persahabatan antara satu dengan yang lainnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar