Rabu, 17 November 2010

Risqa

SKRIPSI MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI PINRANG RISQA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2010 MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI PINRANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Oleh: RISQA NIM. 074 924 411 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2010 PERSETUJUAN PEMBIMBINA Skripsi dengan judul “Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang” Atas Nama : Nma : Risqa Nomor Induk Mahasiswa : 074 924 411 Jurusan / Prodi : PGAUD Fakultas : Ilmu Pendidikan Setelah diperiksa dan diteliti, telah memenuhi syarat untuk diujikan Makassar, …………………2010 Pembimbing I, Pembimbing II, Dra. Sumartini, M.Pd Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. Nip. 19491228 197803 2 002 Nip. 19752404 200604 1 001 Disahkan : Ketua Jurusan/Prodi PGAUD, Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si Nip. 19500911 197903 2 001 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI Skripsi diterima oleh Panitia Ujian Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dengan SK Dekan No. …/J38.I.3.1/PP/2010 Tanggal ………….2010 untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini pada hari ………. Tanggal……..2010. Disahkan Oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Drs. Ismail Tolla, M.Pd. Nip. 19531230 198003 1 005 Panitia Ujian: 1. Ketua : (………………………...) 2. Sekertaris : (………………………...) 3. Pembimbing I : Dra. Sumartini, M.Pd. (………………………...) 4. Pembimbing II : Muhammad Akil Musi, S.Pd, M.Pd (………………………...) 5. Penguji I : (………………………...) 6. Penguji II : (………………………...)   PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : RISQA Nomor Induk Mahasiswa : 074 924 411 Jurusan / Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Judul Skripsi : ”Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Merode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang” Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya tulis ini benar merupakan hasil karya saya sendiri dan bukan merupakan pengambilan tulisan atau pikiran orang lain yang saya akui sebagai hasil tulisan atau pikiran sendiri. Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku. Parepare, 01 September 2010 Yang Membuat Pernyataan RISQA NIM. 074 924 411   MOTTO Hidup adalah sebuah tantangan, maka hadapilah Hidup adalah sebuah lagu, maka nyanyikanlah Hidup adalah sebuah mimpi, maka sadarilah Hidup adalah sebuah permainan, maka permainkanlah Hidup adalah cinta, maka nikmatilah Tidak ada rahasia iuntuk menggapai sukses Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari Kegagalan (Hukuman) PERSEMBAHAN : Kupersembahkan skripsi ini untuk : 1. Keluarga tercinta Bapak, Ibu, Suami, dan Adik yang selalu memberi dukungan dan semangat. 2. Teman-temanku seangkatan tahun 2007 yang telah memberi dukungan moril maupun spiritual   KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelasaikan susunan skripsi dengan judul “Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang” Skripsi ini diajukan untuk memenuhi sebagai syarat dalam menyelesaikan program Studi Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini pada Fakultas Ilmu Pendidikan Unifersitas Negeri Makassar Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat : 1. Ibu Dra. Hj. Bulkis Said, M. Si selaku Ketua Jurusan/Prodi PGAUD Unuversitas Negeri Makassar 2. Ibu Dra. Sumartini, M.Pd. selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk serta saran dalam penyusunan skripsi ini. 3. Bapak Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk serta saran dalam penyusunan skripsi ini. 4. Bapak Dan Ibu Dosen Jurusan/Prodi Jurusan PGAUD yang telah membari bekal kepada peneliti dalam penyusunan skripsi 5. Kepala Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang yang telah memberi dorongan dan semangat serta mengijinkan peneliti mengadakan penelitian di TK Petiwi Pinrang. 6. Bapak dan Ibu serta keluarga tercinta yang telah memberikan bimbingan, dorongan serta do’a restu sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. 7. Teman-teman PGAUD angkatan 2007 dan saudara seperjuanganku yang telah memberi semangat, motivasi dan bantuan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini Kami menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu dengan senang hati penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun dari kemajuan bersama. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pembaca. Penulis, RISQA NIM. 074 924 411 DAFTAR ISI HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ii HALAMAN JUDUL i HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ii HALAMAN PENGESAHAN iii PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI iv KATA PENGANTAR v DAFTAR ISI vii ABSTRAK ix BAB I. PENDAHULUAN 1 A. Latar Belaang Masalah 1 B. Fokus Masalah 4 C. Tujuan Penelitian 4 D. Manfaat Penelitian 5 BAB II. KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR 6 A. Kajian Pustaka 6 1. Perilaku Sosial 6 2. Bermain Peran 11 B. Kerangka Pikir 16 BAB III. METODE PENELITIAN 18 A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 18 B. Fokus Penelitian 18 C. Deskripswi Lokasi Penelitian 19 D. Unit Analisis 19 E. Teknik Pengumpulan Data 20 F. Anilisis dan Validasi Data 21 BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 22 A. Hasil Penelitian 22 1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian 22 2. Mengembangkan perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang 24 B. Pembahasan 32 BAB V. PENUTUP 35 A. Kesimpulan 35 B. Saran-Saran 36 DAFTAR PUSTAKA 37 LAMPIRAN 38 ABSTRAK Risqa, 2010. Mengembangkan Perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Sumarti dan Muhammad Akil Musi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menjadikan 9 orang guru Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terhadap aktivitas belajar anak dalam kaitannya dengan penerapan metode bermain peran, serta teknik wawancara terhadap 9 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perilaku sosial melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang adalah bahwa peningkatan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang adalahbahwa setiap anak senantiasa memberikan pujian terhadap keberhasilan orang lain dan kepada orang yang telah memberi pertolongan dan bantuan kepadanya. Anak dapat mengemukakan keluhannya pada teman curhatnya, serta menyatakan penolakan terhadap sesuatu yang tidak disetujuinya. Selain itu, anak saling bertukar pengalaman dan memberi tahu kepada teman apa yang diketahuinya, serta anak senantiasa memberi saran untuk kepentingan bersama dan anak senantiasa memelihara pertemanan dan persahabatan antara satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar