Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:1
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
•Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasar-
kan gugus fungsinya.
•Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan
gugus fungsi-
nya;
•menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Gugus fungsi senyawa karbon merupakan gugusan atom atau
sekelompok
atom yang menentukan sifat khas senyawa karbon. Contoh
gugus fungsi
adalah –OH merupakan gugus alkohol, –O– R merupakan gugus
fungsi
eter, –CHO merupakan gugus fungsi aldehida, dan –COOH
merupakan
gugus fungsi asam karboksilat.
•Secara umum, semua senyawa karbon dapat dianggap sebagai
turunan
alkana karena senyawa karbon diperoleh dengan cara
mengganti satu atau
lebih atom H pada alkana dengan gugus fungsi.
•Senyawa-senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi
memiliki
struktur atau konfigurasi berbeda disebut isomer. Isomer
yang disebabkan
perbedaan struktur disebut isomer struktur. Isomer
struktur dapat berupa
isomer kerangka, isomer posisi, dan isomer fungsi.
•Isomer yang disebabkan perbedaan konfigurasi disebut
isomer ruang.
Isomer ruang dapat berupa isomer geometri dan isomer
optis.10 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai senyawa karbon yang banyak digunakan dalam
kehidupan
sehari-hari.
b.Kegiatan Inti
•Menuliskan gugus fungsi senyawa karbon, antara lain
haloalkana,
alkohol, eter, aldehida, keton, asam karboksilat, dan
ester.
•Mendeskripsikan isomer struktur dan isomer ruang.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang gugus fungsi dan
isomer
senyawa karbon. Selanjutnya, guru melakukan penilaian
atau tes hasil
belajar dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian
indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 3–8
•Model molekul (molymod) dari bahan-bahan yang ada di
sekitar
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.1 dan Latihan 6.2.
Pengayaan
Tentukan jenis isomer yang mungkin dapat dibentuk oleh
senyawa berikut.
a.CH3
–CH2
–CH2
–CH3
b.CH3
–CH2
–CH2
–OH
c.CH2
=CH2
d.CH3
–CH=CH–Cl
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................11
KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:2
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Haloalkana merupakan senyawa turunan alkana dengan salah
satu atom
hidrogennya diganti dengan atom halogen. Senyawa
haloalkana juga
disebut alkil halida.
•Rantai induk dalam senyawa haloalkana ditetapkan sebagai
rantai
terpanjang yang mengandung atom halogen.
•Sebagian besar senyawa haloalkana tidak larut dalam air,
tetapi larut dalam
pelarut organik. Haloalkana dapat mengalami reaksi
substitusi, eliminasi,
dan reaksi persaingan.
•Senyawa haloalkana dapat dibuat dengan beberapa cara,
antara lain
halogenasi alkana dengan Cl
2
atau Br
2
, reaksi alkohol dengan PX3
atau
PX5
, adisi asam halida pada alkena, adisi halogen pada
alkena, adisi asam
halida pada alkuna.12 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Senyawa haloalkana yang banyak digunakan antara lain
kloroform, iodo-
form, karbon tetraklorida, dan freon.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai senyawa haloalkana.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa haloalkana.
•Mendeskripsikan tata nama haloalkana, baik tata nama
trivial maupun
tata nama IUPAC.
•Mendeskripsikan sifat haloalkana dan identifikasi gugus
fungsi
haloalkana.
•Mendeskripsikan reaksi yang dapat terjadi pada
haloalkana.
•Menyebutkan kegunaan senyawa haloalkana.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang senyawa haloalkana.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 9–15
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.3 dan Soal Tantangan.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................13 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:3
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Alkohol merupakan senyawa organik yang memiliki gugus
fungsi –OH
sehingga dapat ditulis R–OH.
•Berdasarkan jenis atom karbon yang mengikat gugus
fungsinya, alkohol
dibedakan atas alkohol primer, alkohol sekunder, dan
alkohol tersier.
•Menurut IUPAC, nama alkohol diturunkan dari nama alkana
induknya
dengan mengganti akhiran a menjadi ol dan memberi awalan
angka yang
dipilih sekecil mungkin jika diperlukan. Awalan angka
diberikan jika
alkohol yang dimaksud memiliki isomer. Tata nama alkohol
yang memiliki
rantai cabang mirip dengan tata nama alkana.
•Alkohol memiliki tiga isomer, yaitu isomer posisi,
isomer fungsi, dan
isomer optis.14 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Alkohol memiliki titik didih yang tinggi karena dapat
membentuk ikatan
hidrogen. Kelarutan alkohol dalam air berkurang seiring
dengan
penambahan panjang rantai karbon. Alkohol dapat mengalami
berbagai
macam reaksi, antara lain reaksi dengan natrium,
oksidasi, esterifikasi,
halogenasi, dan dehidrasi.
•Alkohol yang banyak digunakan antara lain metanol,
etanol, glikol, dan
gliserol.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai alkohol.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa alkohol dan rumus
umum
alkohol.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan alkohol.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang alkohol.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 16
–27
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.4 dan Latihan 6.5.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................15 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:4
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Eter merupakan senyawa organik yang memiliki gugus
fungsi –O–R
sehingga dapat ditulis R–O–R’.
•Menurut IUPAC, eter diberi nama alkosialkana.
•Eter dan alkohol merupakan suatu isomer fungsi. Eter dan
alkohol dapat
dibedakan berdasarkan kelarutan, titik didih, dan
reaktivitasnya terhadap
logam aktif, misalnya natrium.
•Eter yang banyak digunakan adalah etil eter. Eter ini
digunakan untuk
pelarut organik dan obat bius yang diberikan melalui
pernapasan.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas16 KTSP Sains Kimia
SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai eter.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa eter dan rumus umum
eter.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan eter.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang eter.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 27–30
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.6.
Pengayaan
1.Jelaskan secara singkat tata nama eter.
2.Sebutkan sifat-sifat eter yang membedakannya dengan
alkohol.
3.Sebutkan dua reaksi identifikasi gugus fungsi eter.
Kunci
Latihan 6.6
1.a.CH3
CH2
CH2
–O–CH2
CH3
c.CH3
–O–CH2
CH3
e.(CH3
)
3
C–O–CH2
CH3
2.a.etil metil eterd.dietil eter
b.dietil etere.isopropil metil eter
c.fenil metil eter
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................17 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:5 dan 6
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena
dan turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:• Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Aldehida merupakan senyawa organik yang memiliki gugus
fungsi –CHO
sehingga dapat ditulis R–CHO.
•Nama aldehida diturunkan dari nama alkana yang sesuai
dengan mengganti
akhiran a pada alkana dengan al.
•Isomer pada aldehida mulai ada pada atom C sebanyak
empat.
•Aldehida dibuat dengan mengoksidasi alkohol primer dan
melewatkan
uap air pada tembaga pijar.
•Aldehida termasuk senyawa organik polar dan mampu
membentuk ikatan
hidrogen sehingga larut dalam air dan memiliki titik
didih tinggi. Aldehida
merupakan suatu reduktor kuat sehingga dapat mereduksi
pereaksi Tollens
dan pereaksi Fehling.18 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Aldehida yang paling banyak digunakan adalah
formaldehida yang
larutannya dalam air disebut formalin.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-5
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai aldehida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa aldehida dan rumus
umum
aldehida.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan aldehida.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang aldehida.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-6
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
reaksi
identifikasi gugus aldehida.
b.Kegiatan Inti
Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
gugus fungsi
aldehida, yaitu reaksi oksidasi aldehida membentuk cermin
perak.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang reaksi oksidasi
aldehida
membentuk cermin perak berdasarkan hasil percobaan.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan laboratorium untuk percobaan cermin perak
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 31–38
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 319 KTSP Sains
Kimia SMA 3B R1
VI.Penilaian
Guru menilai keaktifan dan kerja sama siswa selama
melakukan percobaan.
Siswa mengerjakan Latihan 6.7 dan Latihan 6.8
Pengayaan
1.Tentukan rantai induk, rantai cabang, dan nama lengkap
aldehida berikut.
a.CH3
CH(CH3
)CH2
CHO
b.CH3
CH2
C(CH3
)(CH2
CH3
)CH2
CH2
CHO
c.CH3
CH(CH3
)CHO
2.Berikut ini, tentukan penamaan yang salah dan jelaskan
alasannya.
a.5-etilheksanal
b.3-metilbutanal
c.2-etilpropanal
Kunci
Latihan 6.7
1.b.CH3
CH2
CH2
CHCH2
CHO
|
CH3
CH3
|
d.CH3
CH2
CCHO
|
CH3
CH3
|
f.CH3
CH2
CH2
CH2
CHCHCHO
|
C2
H5
2.a.butanald.2-etil-4-metilpentanal
b.etanale.2,2-dimetilpropanal
c.2-metilpropanal
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................20
KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:7
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Keton merupakan senyawa organik yang memiliki gugus
fungsi –CO–
sehingga dapat ditulis R–CO–R’.
•Nama keton diturunkan dari nama alkana yang sesuai
dengan mengganti
akhiran a pada alkana dengan on.
•Keton berisomer dengan aldehida.
•Keton bersifat polar pada suku rendah dan bersifat
nonpolar pada suku
tinggi.
•Keton tidak dapat mengoksidasi pereaksi Tollens dan
pereaksi Fehling,
tetapi dapat direduksi menghasilkan alkohol sekunder.
•Keton yang paling banyak digunakan adalah aseton yang
digunakan untuk
pelarut plastik, lilin, dan selulosa dalam proses
pembuatan rayon.21 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai keton.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa keton dan rumus umum
keton.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan keton.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang keton.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 38–43
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.9.
Kunci
Latihan 6.9
1.a.CH3
COCH2
CH3
c.CH3
COCH2
CH2
CH3
b.tidak bisa dibuatd.C2
H5
–CO–C2
H5
2.a.3-pentanon; dietil keton
b.2-propanon; dimetil keton
c.4-metil-2-pentanon; isobutil metil keton
d.3-metil-2-butanon; isopropil metil keton
5.untuk pelarut; keton berbau harum untuk bahan parfum
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................22 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:8
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Asam karboksilat merupakan senyawa organik yang memiliki
gugus fungsi
–COOH sehingga dapat ditulis R–COOH.
•Nama asam karboksilat diturunkan dari nama alkana yang
sesuai dengan
mengganti akhiran a pada alkana dengan oat, tetapi nama
trivialnya lebih
sering digunakan.
•Asam karboksilat dapat membentuk ikatan hidrogen
sehingga titik didih
dan titih lelehnya tinggi. Asam karboksilat suku rendah
larut dalam air.
Asam karboksilat dapat bereaksi dengan alkohol membentuk
ester
sehingga disebut reaksi esterifikasi.
•Asam karboksilat yang penting antara lain asam format,
asam asetat, asam
oksalat, dan asam tartrat.23 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai asam karboksilat.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa asam karboksilat dan
rumus
umum asam karboksilat.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan asam karboksilat.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang asam karboksilat.
Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 43–52
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.10 dan Latihan 6.11.
Pengayaan
1.Gugus fungsi apakah yang terdapat dalam senyawa asam
karboksilat?
2.Sebutkan nama trivial asam format, asam asetat, asam
propanoat, dan
asam butirat serta tuliskan rumus strukturnya.
3.Jelaskan secara singkat sifat-sifat asam karboksilat.
4.Tuliskan rumus struktur senyawa berikut:
a.asam 2-metilpropanoat
b.asam 3-metilbutanoat (asam isovalerat)
c.asam heksanadekanoat (asam palmitat)
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................24 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:9 dan 10
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan
harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Ester merupakan senyawa organik yang memiliki gugus
fungsi –CO–OR
sehingga dapat ditulis R–CO–OR.
•Nama ester diturunkan dari nama alkana yang diberi nama
alkil alkanoat.
•Titik didih ester jauh lebih rendah daripada asam
karboksilat, bersifat netral,
dan berbau enak seperti buah-buahan. Ester merupakan
hasil reaksi dari
asam karboksilat dan alkohol.
•Ester suku rendah pada suhu kamar berwujud cair, mudah
menguap, dan
beraroma buah-buahan sehingga banyak digunakan untuk
penyedap atau
esens.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum25 KTSP
Sains Kimia SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai ester.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa ester dan rumus umum
ester.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat,
reaksi
identifikasi, dan kegunaan ester.
•Merancang dan melakukan percobaan pembuatan ester dari
asam
karboksilat dan alkohol.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang ester.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan untuk percobaan pembuatan ester
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 52–57
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.12, Latihan 6.13, dan
evaluasi.
Pengayaan
1.Tuliskanlah struktur dan nama asam karboksilat serta
alkohol pembentuk
ester berikut.
a.CH3
–CH2
–CH2
–CO–OCH2
–CH3
b.CH3
–CO–OCH2
–CH(CH3
)–CH3
c.CH3
–CO–OCH3
2.Sebutkan aroma dari ester-ester berikut:
a.metil butiratc.etil pentanoat
b.benzil asetatd.propil etanoat
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................26 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:11
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:•Menuliskan struktur benzena dan menjelaskan
stabilitas
cincinnya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan rumus struktur benzena dan membuktikan setiap
atom C pada
cincin benzena fungsinya sama.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena termasuk senyawa aromatik dan memiliki rumus
molekul C6
H6
.
Struktur benzena yang sebenarnya adalah suatu resonansi
yang digambar-
kan oleh Kekule. Benzena tidak mengandung ikatan tunggal
atau ikatan
rangkap, tetapi ikatan rangkap pada keenam atom karbon
selalu berpindah-
pindah sehingga panjang ikatan tiap atom karbon sama.
•Benzena mengandung enam atom karbon yang terhibridisasi
sp2
.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan pengertian senyawa benzena dan struktur
Kekule serta
stabilitas cincin benzena.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang struktur benzena.
Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.27 KTSP
Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 67–70
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.1.
Pengayaan
1.Jelaskanlah secara singkat struktur benzena menurut
Kekule.
2.Bagaimanakah panjang ikatan antaratom C pada struktur
benzena?
3.Apa alasan benzena tidak mengalami reaksi adisi
sebagaimana alkena
pada umumnya?
4.Menurut Huckel, tidak semua senyawa siklik dengan
ikatan rangkap
selang-seling bersifat aromatik. Apa syarat suatu senyawa
siklik dengan
ikatan rangkap selang-seling bersifat aromatik?
5.Apakah yang Anda ketahui tentang energi resonansi?
Kunci
Latihan 7.1
84 kkal/mol
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................28 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:12 dan 13
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Menuliskan tata nama senyawa benzena dan
turunannya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menuliskan tata nama senyawa benzena dan turunannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Turunan benzena dapat dinamai dengan nama trivial maupun
sistematik.
Beberapa nama trivial senyawa turunan benzena sekaligus
menjadi nama
sistematiknya, misalnya toluena, anilina, dan fenol.
•Benzena dengan monosubstitusi diberi nama benzena
sebagai rantai induk
dan nama substituen sebagai awalan, misalnya klorobenzena
dan
nitrobenzena.
•Benzena dengan disubstitusi diberi angka sebagai awalan
atau dengan
sistem orto, meta, para. Substituen pada posisi nomor 1
dan 2 disebut
orto. Substituen pada posisi 1 dan 3 disebut meta.
Substituen pada posisi
1 dan 4 disebut
para.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-12
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
struktur
benzena yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan tata nama senyawa turunan benzena dengan
cara diberi
angka.29 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang tata nama benzena
dan
turunannya. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau
tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian
indikator dan
kompetensi.
Pertemuan Ke-13
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
tata nama
benzena dengan angka yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan tata nama senyawa turunan benzena dengan
sistem orto,
meta, dan para.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang tata nama benzena
dan
turunannya. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau
tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian
indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 70–73
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.2.
Pengayaan
1.Tuliskan nama senyawa turunan benzena berikut.
a.c.
b.d.
2.Gambarkan rumus struktur senyawa turunan benzena
berikut.
a.1,3-diklorobenzena
b.nitrobenzena
c.asam meta hidroksibenzoat
d.orto klorotoluena
Cl
Cl
CH3
NO2
NO2
OH
Br
CH2
OH30 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Kunci
Latihan 7.2
1.a.asam m-metilbenzoat
b.1-feniloktana
c.1,4-diiodobenzena
d.2,4,6-triklorofenol
e.o-hidroksistirena
f.1,3,5-tribromobenzena
2.a.d.
b.e.
c.f.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................
CH3
CH3
C2
H5
C2
H5
NH2
Br
Cl
OH
Cl
COOH
NH2
CH=CH231 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:14
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada
cincin
benzena.
•Menjelaskan pengarah orto, meta, dan para pada di-
substitusi benzena.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin
benzena;
•menjelaskan pengarah orto, meta, dan para pada
disubstitusi benzena.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena tidak mengalami reaksi adisi seperti pada
alkena, tetapi dapat
mengalami reaksi substitusi. Karena reaksi diawali dengan
serangan elektrofil
pada elektron pi cincin benzena maka reaksi itu disebut
reaksi substitusi
elektrofilik.
•Suatu benzena yang sudah tersubstitusi dapat mengalami
substitusi kedua.
Struktur substitusi pertama menentukan tempat dari
substitusi kedua.
•Suatu gugus yang terikat pada cincin benzena dapat
digolongkan sebagai
pengarah orto, meta, dan para.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan reaksi substitusi atom H pada cincin
benzena.
•Mendeskripsikan pengarah orto, meta, dan para pada
substitusi benzena.32 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang reaksi substitusi
pada cincin
benzena. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes
hasil belajar dan
pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator
dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 73–75
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.3.
Pengayaan
Tuliskan dan lengkapi persamaan reaksi dari:
a.benzena + Cl
2
+ FeCl
3
→
b.toluena + HNO3
pekat + H2
SO4
pekat →
c.toluena + H2
SO4
pekat →
Kunci
Latihan 7.3
1.a.Br
NO2
b.
NO2
dan NO2
Cl
Cl
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................33 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:15
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:•Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia
benzena dan
turunannya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan
turunannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena berupa zat cair pada suhu kamar, mudah menguap,
bersifat non-
polar sehingga tidak larut dalam air, tetapi larut dalam
pelarut nonpolar,
dan sangat beracun.
•Benzena tidak reaktif, tetapi mudah terbakar
menghasilkan banyak jelaga
dan dapat mengalami reaksi substitusi, halogenasi,
nitrasi, sulfonasi,
alkilasi, dan asilasi.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai sifat benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat benzena dan turunannya.
•Menjelaskan reaksi-reaksi yang terjadi pada benzena dan
turunannya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat benzena dan
turunannya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.34 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 75–77
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.4.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud dengan reaksi halogenasi, nitrai,
dan alkilasi?
2.Tuliskan hasil dari reaksi-reaksi berikut:
a.benzena + metilklorida + AlCl
3
b.benzena + H2
SO4
pekat + SO2
(g) jenuh
c.toluena + KMnO4
+ H2
SO4
d.fenol + NaOH
Kunci
Latihan 7.4
1.a. —Br
b. —NO2
c. —COR
NO2
2. —CH3
+ HNO3
pekat + H2
SO4
pekat → O2
N — —CH3
NO2
3.–berwujud kristal tak berwarna
–sedikit larut dalam air (polar)
–bersifat asam lemah
–bereaksi dengan basa membentuk senyawa fenolat
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................35 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:16 dan 17
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan
harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara
penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa
benzena
dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol,
anilina, butil hidroksi toluena (BHT), butil hidroksi
anisol
(BHA), TNT, aspirin, zat warna (azo) dan lain-lain.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan
turunannya dalam
kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilina, butil
hidroksi toluena (BHT), butil
hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, zat warna (azo) dan
lain-lain.
II.Uraian Materi Pembelajaran
Menjelaskan kegunaan benzena dan turunannya dalam
kehidupan sehari-hari,
antara lain toluena, fenol, analina, BHC, TNT, dan
aspirin.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
benzena dan
turunannya yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya benzena dan
turunannya dalam
kehidupan sehari-hari.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang kegunaan benzena
dan turunannya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.36 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 78–79
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
Pengayaan
1.Sebutkan kegunaan penting dari benzena.
2.Senyawa turunan benzena yang digunakan untuk bahan
aditif pada bensin
sebagai antiletupan adalah ....
3.Fenol mudah dioksidasi oleh udara. Apa yang akan
terjadi jika kristal
putih fenol diletakkan di udara terbuka?
4.Senyawa turunan benzena yang sering digunakan sebagai
bahan peledak
adalah ....
5.Senyawa turunan benzena yang digunakan untuk obat sakit
kepala adalah
.... Tuliskan rumus strukturnya.
Kunci
Evaluasi
A.1.D6.C
2.D7.C
3.A8.A
4.D9.B
5.A10.E
B.1.Karena benzena memiliki sifat yang berbeda dengan
sifat alkena pada
umumnya, misalnya tidak mengalami reaksi adisi
3.a.1,3-dinitrobenzena
b.m-iodostirena
c.asam o-nitrobenzoat
d.p-bromofenol
5.a.benzena + HNO3
pekat + H2
SO4
pekat dipanaskan
(reaksi nitrasi)
b.benzena + metilklorida + AlCl
3
(reaksi alkilasi)
c.toluena + KMnO4
+ H2
SO4
(oksidasi toluena)
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................37 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:18
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Mengidentifikasi polimer alam dan polimer
sintetik
(karet, karbohidrat, protein, plastik).
•Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
•Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan
kondensasi) dari monomernya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik
(karet, karbohidrat,
protein, plastik);
•menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer;
•menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan
kondensasi) dari
monomernya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polimer berarti molekul raksasa atau makromolekul.
Berdasarkan asalnya,
polimer dibedakan sebagai polimer alam dan polimer
buatan. Polimer alam
adalah polimer yang ada di alam, sedangkan polimer buatan
dirancang
manusia untuk meniru polimer alam.
•Polimer terbentuk dari ratusan sampai ribuan molekul
kecil. Tiap bagian
polimer disebut monomer. Penggabungan antarmonomer
disebut
polimerisasi.
•Polimerisasi dibedakan menjadi polimerisasi adisi dan
polimerisasi kondensasi.
Polimerisasi adisi merupakan pembentukan polimer berdasarkan
reaksi adisi.
Polimerisasi ini terjadi pada monomer yang memiliki
ikatan rangkap.
Polimerisasi kondensasi merupakan penggabungan monomer
yang disertai
dengan pelepasan molekul ringan, misalnya air.
Polimerisasi kondensasi terjadi
pada monomer yang memiliki gugus fungsi pada kedua
ujungnya.38 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Tata nama polimer sangat rumit karena banyak polimer
memiliki struktur
yang rumit. Sebagian polimer dinamai berdasarkan gugus
fungsionalnya
dengan diawali kata poli. Menurut IUPAC, nama polimer
diturunkan dari
struktur unit dasar atau unit dasar konstitusi (CRU,
constitutional repeat-
ing unit).
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai polimer.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian polimer.
•Mendeskripsikan reaksi pembentukan polimer, yaitu
polimerisasi
adisi dan polimerisasi kondensasi.
•Mendeskripsikan tata nama polimer.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polimer.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 85–89
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.1 dan Latihan 8.2.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................39 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:19
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:•Menggolongkan polimer berdasarkan asal, jenis
mono-
mer pembentuknya, dan sifatnya.
•Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai
dampaknya terhadap lingkungan.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menggolongkan polimer berdasarkan asal, jenis monomer
pembentuknya,
dan sifatnya;
•mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai
dampaknya terhadap
lingkungan.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polimer dapat digolongkan berdasarkan asal, jenis
monomer pembentuk-
nya, dan sifatnya.
•Polimer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh polimer
itu adalah polietilena, polipropilena, PVC,
poliakrilonitril, teflon,
polistirena, bakelit, poliester, dan nilon.
•Kemajuan di bidang polimer telah menawarkan berbagai
keuntungan
sekaligus bencana bagi kehidupan manusia. Berbagai upaya
telah
dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan
polimer,
khususnya plastik. Contoh upaya yang dilakukan adalah
penimbunan, daur
ulang, dan membuat plastik dapat urai.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas40 KTSP Sains Kimia
SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan siswa
tentang
pengertian polimer.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan penggolongan polimer berdasarkan jenis
monomer
dan sifatnya.
•Menyebutkan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
dan
dampaknya.
•Mendeskripsikan usaha untuk menanggulangi dampak
penggunaan
polimer, khususnya plastik.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polimer.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 89–94
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.3.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud dengan homopolimer dan kopolimer?
2.Apakah perbedaan antara polimer termoplastik dan
polimer termoseting?
3.Tuliskan struktur
PVC dan sebutkan kegunaannya.
4.Apakah kegunaan dari teflon?
5.Sebutkan dampak utama yang ditimbulkan oleh plastik dan
upaya yang
dapat dilakukan untuk menanganinya.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................41 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:20
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan
ketosa.
•Menjelaskan rumus struktur dan tata nama monosakarida.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa;
•menjelaskan rumus struktur dan tata nama monosakarida.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Karbohidrat meliputi senyawa yang terdiri atas
polihidroksi aldehida dan
keton atau turunan keduanya.
•Karbohidrat yang sudah tidak dapat dihidrolisis disebut
monosakarida.
Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan
galaktosa.
•Monosakarida di alam digolongkan menjadi aldosa karena
memiliki gugus
aldehida dan ketosa karena memiliki gugus keton.
•Monosakarida yang memiliki gugus aldehida/keton dan
hidroksil dalam
satu molekul dapat mengalami siklisasi (membentuk
struktur cincin).
•Struktur monosakarida dapat digambarkan dengan proyeksi
Fischer atau
dengan rumus Haworth. Pada rumus Haworth, monosakarida
digambarkan
dalam cincin segi enam datar.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai karbohidrat.42 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian karbohidrat, monosakarida,
disakarida,
oligosakarida, dan polisakarida.
•Menggolongkan monosakarida berdasarkan gugus fungsi yang
dimilikinya, yaitu aldosa karena memiliki gugus aldehida
dan ketosa
karena memiliki gugus keton.
•Mendeskripsikan struktur dan tata nama monosakarida.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang monosakarida.
Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
95–100
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.4 dan Latihan 8.5.
Pengayaan
1.Dalam struktur monosakarida, dikenal struktur bentuk D
dan bentuk L.
Apakah perbedaan dari kedua struktur tersebut?
2.Apakah yang dimaksud dengan karbon anomerik?
3.Apakah perbedaan rumus Haworth untuk D-glukosa dan
L-glukosa?
Gambarkan rumusnya.
4.Dalam proses siklisasi monosakarida, dikenal bentuk
alfa (α) dan bentuk
beta (β). Jelaskan kedua bentuk tersebut.
5.Jelaskan perbedaan struktur piranosa dan furanosa.
Kunci
Latihan 8.4
a.aldotetrosa
b.ketopentosa
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................43 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:21
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan sifat-sifat dan kegunaan
monosakarida yang
penting.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan sifat-sifat dan kegunaan monosakarida yang
penting.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Semua monosakarida berwujud kristal putih yang mudah
larut dalam air.
Larutannya bersifat optis aktif, dapat dioksidasi, dan
dapat direduksi.
•Semua monosakarida memiliki minimal satu atom karbon
asimetris
sehingga bersifat optis aktif.
•Monosakarida yang tergolong aldosa memiliki gugus
aldehida dan gugus
alkohol yang keduanya dapat dioksidasi menjadi gugus
karboksil.
•Monosakarida memiliki gugus aldehida dan keton sehingga
dapat direduksi
menjadi alkohol.
•Contoh monosakarida yang penting adalah glukosa,
fruktosa, galaktosa,
ribosa, dan 2-deoksiribosa.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
pembahasan
monosakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat-sifat monosakarida.
•Mendeskripsikan beberapa monosakarida yang penting.44
KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat dan
kegunaan
monosakarida. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau
tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian
indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
100–103
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.6.
Pengayaan
1.Jelaskan mengapa semua monosakarida bersifat optis
aktif. Tunjukkan
dengan rumus strukturnya.
2.Mengapa gula aldosa disebut gula pereduksi?
3.Apakah hasil dari reaksi reduksi suatu aldosa, misalnya
glukosa?
4.Jelaskan secara singkat apa yang Anda ketahui tentang
fruktosa.
5.Gula jagung (sebagian besar terdiri atas fruktosa)
dikira rendah kalori
sehingga dianggap dapat menjaga kelangsingan tubuh.
Berdasarkan hasil
penelitian, fruktosa ternyata dapat menghambat
pengeluaran asam urat
melalui ginjal, menyebabkan obesitas, resistansi insulin,
dan penyebab
penyakit jantung koroner. Carilah informasi seputar
fruktosa secara lebih
lengkap di buku, majalah, koran, atau internet.
Diskusikan hasilnya dengan
teman sekelas Anda.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................45 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:22
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan
polisakarida
dengan bantuan enzim.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida
dengan enzim tertentu.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Disakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas dua
monosakarida.
•Contoh disakarida adalah sukrosa (gula tebu), maltosa
(gula pati), dan
laktosa (gula susu).
•Ikatan yang menghubungkan unit monosakarida dalam
disakarida adalah
ikatan glikosida.
•Jika dihidrolisis, disakarida akan menghasilkan dua
monosakarida
pembentuknya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
pembahasan
monosakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pembentukan disakarida.
•Menyebutkan disakarida yang ada dalam kehidupan
sehari-hari dan
mendeskripsikan sifat-sifatnya.
•Mendeskripsikan hidrolisis disakarida membentuk unit
monosakarida
pembentuknya.46 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang hidrolisis
disakarida. Selanjut-
nya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas
untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
103–106
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.7.
Pengayaan
1.Ikatan apakah yang menyatukan unit monosakarida dalam
molekul
disakarida?
2.Senyawa disakarida yang tidak dapat mereduksi pereaksi
Fehling dan
pereaksi Tollens adalah ....
3.Hasil hidrolisis sukrosa adalah ... dan ....
4.Hasil dari hidrolisis maltosa adalah ....
5.Jelaskan secara singkat sifat-sifat laktosa.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................47 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:23
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan
polisakarida
dengan bantuan enzim.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida
dengan enzim tertentu.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polisakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas
lebih dari 10 unit
monosakarida.
•Contoh polisakarida adalah amilum (pati), glikogen, dan
selulosa.
•Jika dihidrolisis, polisakarida akan menghasilkan
unit-unit monosakarida
pembentuknya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
pengertian
polisakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pembentukan polisakarida.
•Menyebutkan polisakarida yang ada dalam kehidupan
sehari-hari dan
mendeskripsikan sifat-sifatnya.
•Mendeskripsikan hidrolisis polisakarida membentuk unit
monosakarida pembentuknya.48 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polisakarida dan
hidrolisisnya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
106–108
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.8.
Pengayaan
1.Amilum terdiri atas amilosa dan amilopektin.
Bagaimanakah cara
memisahkan keduanya?
2.Jika dihidrolisis, amilum akan menghasilkan ....
3.Polisakarida yang merupakan cadangan makanan bagi
manusia dan hewan
yang disimpan di hati dan otot adalah ....
4.Hewan memamah biak mampu mencerna selulosa, tetapi
mengapa
manusia tidak? Apa alasannya?
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................49 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:24 dan 25
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:•Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
•Mendeskripsikan sifat-sifat asam amino.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menuliskan rumus struktur asam amino esensial;
•mendeskripsikan sifat-sifat asam amino.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Protein berasal dari bahasa Yunani, proteios, yang
berarti pertama. Protein
merupakan polimer dari 20 asam α-amino. Massa molekul
relatifnya sekitar
6.000 hingga beberapa juta. Unsur pembentuk protein
adalah C, H, O, dan N.
•Hingga sekarang, telah diketahui 20 macam asam amino
yang lazim
terdapat dalam protein. Dari kedua puluh asam amino itu,
sepuluh asam
asam amino dapat disintesis oleh tubuh dan sepuluh
lainnya harus
ditambahkan dari luar tubuh berupa makanan. Sepuluh asam
amino yang
harus ditambahkan dari luar tubuh disebut asam amino
esensial, sedangkan
asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh disebut asam
amino non-
esensial.
•Asam amino memiliki sebuah gugus asam dan gugus amino
sehingga dapat
mengalami reaksi asam basa untuk membentuk ion dipolar
(zwitter ion).
•Berdasarkan rantai sampingnya, asam amino dibedakan
menjadi asam
amino netral, asam amino asam, dan asam amino basa.
•Muatan suatu asam amino bervariasi bergantung pada
perubahan pH
larutan. Harga pH yang menyebabkan asam amino memiliki
muatan netral
disebut titik isolistrik.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas50 KTSP Sains Kimia
SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-24
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai protein.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian protein, asam amino, asam
amino
esensial, dan asam amino nonesensial.
•Mendeskripsikan pembentukan ikatan peptida dan ion
dipolar.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang protein.
Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-25
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan siswa
mengenai
pembahasan asam amino pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian asam amino netral, asam amino
basa,
dan asam amino asam.
•Mendeskripsikan pengertian titik isolistrik.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang klasifikasi asam
amino.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
109–115
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.9.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................51 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:26 dan 27
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan
harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Mengidentifikasi protein dalam makanan (uji
biuret, xan-
thoprotein, kertas timbal).
•Menjelaskan klasifikasi protein.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi protein dalam makanan (uji biuret,
xanthoprotein, kertas
timbal);
•menjelaskan klasifikasi protein.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Protein terbentuk dari asam amino yang saling berikatan
dengan ikatan
peptida. Adanya ikatan peptida dapat diuji dengan tes
biuret, inti benzena
diuji dengan tes xanthoprotein, dan kandungan belerang
diuji dengan kertas
timbal(II) asetat.
•Protein dapat diklasifikasi berdasarkan komposisi
kimianya, berdasarkan
bentuknya, dan berdasarkan fungsi biologisnya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai sifat-sifat protein.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat-sifat protein dan melakukan
percobaan untuk
mengidentifikasi protein yang ada dalam makanan.
•Mendeskripsikan klasifikasi protein.52 KTSP Sains Kimia
SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat
protein. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan untuk percobaan uji protein.
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
115–120
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Guru menilai keaktifan dan kerja sama siswa selama
melakukan percobaan.
Siswa mengerjakan Latihan 8.10.
Pengayaan
1.Adanya ikatan peptida dalam protein akan memberikan
hasil positif dengan
tes biuret ditandai dengan ....
2.Tes xanthoprotein (xanthoproteat) digunakan untuk
menguji kandungan
... dalam protein. Hasil positif kandungan tersebut
ditunjukkan dengan ....
3.Uji kertas timbal(II) asetat digunakan untuk
membuktikan adanya senyawa
... dalam protein. Hasil positif senyawa tersebut
ditunjukkan dengan ....
4.Apakah yang dimaksud bentuk heliks dari protein dan
bagaimana hal itu
dapat terjadi?
5.Apakah perbedaan antara protein serat dan protein elips
(globular)?
Kunci
Evaluasi
A.1.A6.A11.C16.B21.D
2.C7.A12.B17.E22.D
3.A8.E13.D18.A23.B
4.A9.B14.E19.B24.A
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................53 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:28
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:• Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan
minyak.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Lemak adalah senyawa yang tidak larut dalam air.
•Lemak merupakan triester yang terbentuk dari triol
gliserol dan memiliki
asam lemak yang memiliki tiga rantai panjang yang disebut
asam lemak.
•Lemak diberi nama gliseril ditambah nama asam lemak
pembentuknya
yang diawali dengan kata yang menunjukkan jumlah sisa
asam lemak.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan
siswa
mengenai lemak.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian lemak.
•Mendeskripsikan struktur dan tata nama lemak dan minyak.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang struktur dan tata
nama lemak.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.54 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
129–130
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 9.1.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud gliserida sederhana dan gliserida
campuran?
2.Tuliskan reaksi pembuatan lemak dari:
a.gliserol dan asam laurat;
b.gliserol dan asam oleat.
Kunci
Latihan 9.1
1.O
||
CH2
—O—C—C13
H27
O
||
CH —O—C—C13
H27
O
||
CH2
—O—C—C13
H27
Trimiristin
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................55 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:29
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:•Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan
ikatan-
nya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Berdasarkan asalnya, lemak dibedakan menjadi lemak
nabati dan lemak
hewani. Lemak nabati biasa disebut minyak, sedangkan
lemak hewani
biasa disebut lemak.
•Lemak yang tersusun dari asam lemak yang tidak memiliki
ikatan rangkap
karbon-karbon disebut lemak jenuh.
•Lemak yang tersusun dari asam lemak yang memiliki ikatan
rangkap
karbon-karbon disebut lemak tak jenuh.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
pengertian
lemak dan minyak.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan klasifikasi lemak berdasarkan kejenuhan
ikatannya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang klasifikasi
lemak. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.56 KTSP
Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
130–131
VI.Penilaian
Siswa diberi tes tertulis, lisan, atau tugas.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................57 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:30–32
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan
harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan
reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama,
penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:•Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan
sifat kimia
lemak dan minyak.
•Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak
dalam kehidupan.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia
lemak dan minyak;
•mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam
kehidupan.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Lemak dan minyak memiliki gugus hidrokarbon hidrofob
yang sangat
banyak sehingga tidak larut dalam air, tetapi larut dalam
pelarut nonpolar.
Titik cair suatu lemak atau minyak dipengaruhi oleh sifat
asam lemak,
yaitu daya tarik antarasam.
•Makin banyak ikatan rangkap yang dimiliki suatu lemak,
makin rendah
titik didihnya.
•Lemak atau minyak dapat bereaksi dengan basa kuat (NaOH
atau KOH)
membentuk sabun sehingga reaksinya disebut reaksi
penyabunan
(saponifikasi). Hasil sampingan reaksi penyabunan adalah
gliserol.
•Lemak dan minyak kadang-kadang dilakukan proses hidrogenasi,
yaitu
direaksikan dengan hidrogen (H2
) untuk memperoleh kestabilan terhadap
oksidasi, memperbaiki warna, dan mengubah lemak cair
menjadi padat.
•Oksidasi merupakan penyebab kerusakan lemak yang utama.
Kerusakan
lemak akibat oksidasi ditandai dengan timbulnya bau dan
rasa tengik
sehingga disebut peristiwa ketengikan (rancidity).
•Lemak dan minyak yang banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
antara lain minyak goreng, mentega, margarin, mentega
putih, dan gajih.58 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-30
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
struktur lemak
dan minyak.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan titik didih lemak dan minyak kaitannya
dengan
struktur asam lemaknya.
•Mendeskripsikan bilangan iodin untuk menyatakan
ketidakjenuhan
lemak.
•Mendeskripsikan reaksi penyabunan pada lemak.
•Mendeskripsikan proses hidrogenasi pada lemak/minyak
untuk
memperoleh kestabilan.
•Mendeskripsikan peristiwa oksidasi pada lemak dan
akibatnya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat
lemak. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-31
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali
sifat-sifat
lemak dan minyak.
b.Kegiatan Inti
Menyebutkan kegunaan lemak dan minyak dalam kehidupan
sehari-hari.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang kegunaan lemak
dan minyak.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman
131–136
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 9.2.59 KTSP Sains Kimia SMA 3B
R1
Pengayaan
1.Tunjukkanlah gugus hidrofob dan gugus hidrofil pada
struktur lemak/
minyak.
2.Makin banyak ikatan rangkap yang dimiliki suatu asam
lemak, makin
rendah titik cairnya. Mengapa demikian?
3.Jelaskan pengertian bilangan iodin pada lemak.
4.Apakah yang dimaksud reaksi penyabunan? Tuliskan
reaksinya.
5.Jelaskan bahwa saponifikasi adalah suatu hidrolisis.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP.
................................
thank you guys,,, izin copas sbg rreferensii
BalasHapus