Senin, 04 Oktober 2010

RPP KIMIA KLS 3


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:1
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran

Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul

Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
•Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasar-
kan gugus fungsinya.
•Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.

I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsi-
nya;
•menentukan isomer-isomer senyawa karbon.

II.Uraian Materi Pembelajaran
•Gugus fungsi senyawa karbon merupakan gugusan atom atau sekelompok
atom yang menentukan sifat khas senyawa karbon. Contoh gugus fungsi
adalah –OH merupakan gugus alkohol, –O– R merupakan gugus fungsi
eter, –CHO merupakan gugus fungsi aldehida, dan –COOH merupakan
gugus fungsi asam karboksilat.
•Secara umum, semua senyawa karbon dapat dianggap sebagai turunan
alkana karena senyawa karbon diperoleh dengan cara mengganti satu atau
lebih atom H pada alkana dengan gugus fungsi.
•Senyawa-senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi memiliki
struktur atau konfigurasi berbeda disebut isomer. Isomer yang disebabkan
perbedaan struktur disebut isomer struktur. Isomer struktur dapat berupa
isomer kerangka, isomer posisi, dan isomer fungsi.
•Isomer yang disebabkan perbedaan konfigurasi disebut isomer ruang.
Isomer ruang dapat berupa isomer geometri dan isomer optis.10 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1

III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai senyawa karbon yang banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
b.Kegiatan Inti
•Menuliskan gugus fungsi senyawa karbon, antara lain haloalkana,
alkohol, eter, aldehida, keton, asam karboksilat, dan ester.
•Mendeskripsikan isomer struktur dan isomer ruang.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang gugus fungsi dan isomer
senyawa karbon. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil
belajar dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 3–8
•Model molekul (molymod) dari bahan-bahan yang ada di sekitar
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.1 dan Latihan 6.2.
Pengayaan
Tentukan jenis isomer yang mungkin dapat dibentuk oleh senyawa berikut.
a.CH3
–CH2
–CH2
–CH3
b.CH3
–CH2
–CH2
–OH
c.CH2
=CH2
d.CH3
–CH=CH–Cl
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................11 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:2
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Haloalkana merupakan senyawa turunan alkana dengan salah satu atom
hidrogennya diganti dengan atom halogen. Senyawa haloalkana juga
disebut alkil halida.
•Rantai induk dalam senyawa haloalkana ditetapkan sebagai rantai
terpanjang yang mengandung atom halogen.
•Sebagian besar senyawa haloalkana tidak larut dalam air, tetapi larut dalam
pelarut organik. Haloalkana dapat mengalami reaksi substitusi, eliminasi,
dan reaksi persaingan.
•Senyawa haloalkana dapat dibuat dengan beberapa cara, antara lain
halogenasi alkana dengan Cl
2
 atau Br
2
, reaksi alkohol dengan PX3
 atau
PX5
, adisi asam halida pada alkena, adisi halogen pada alkena, adisi asam
halida pada alkuna.12 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Senyawa haloalkana yang banyak digunakan antara lain kloroform, iodo-
form, karbon tetraklorida, dan freon.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai senyawa haloalkana.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa haloalkana.
•Mendeskripsikan tata nama haloalkana, baik tata nama trivial maupun
tata nama IUPAC.
•Mendeskripsikan sifat haloalkana dan identifikasi gugus fungsi
haloalkana.
•Mendeskripsikan reaksi yang dapat terjadi pada haloalkana.
•Menyebutkan kegunaan senyawa haloalkana.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang senyawa haloalkana.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 9–15
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.3 dan Soal Tantangan.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................13 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:3
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Alkohol merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi –OH
sehingga dapat ditulis R–OH.
•Berdasarkan jenis atom karbon yang mengikat gugus fungsinya, alkohol
dibedakan atas alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tersier.
•Menurut IUPAC, nama alkohol diturunkan dari nama alkana induknya
dengan mengganti akhiran a menjadi ol dan memberi awalan angka yang
dipilih sekecil mungkin jika diperlukan. Awalan angka diberikan jika
alkohol yang dimaksud memiliki isomer. Tata nama alkohol yang memiliki
rantai cabang mirip dengan tata nama alkana.
•Alkohol memiliki tiga isomer, yaitu isomer posisi, isomer fungsi, dan
isomer optis.14 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Alkohol memiliki titik didih yang tinggi karena dapat membentuk ikatan
hidrogen. Kelarutan alkohol dalam air berkurang seiring dengan
penambahan panjang rantai karbon. Alkohol dapat mengalami berbagai
macam reaksi, antara lain reaksi dengan natrium, oksidasi, esterifikasi,
halogenasi, dan dehidrasi.
•Alkohol yang banyak digunakan antara lain metanol, etanol, glikol, dan
gliserol.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai alkohol.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa alkohol dan rumus umum
alkohol.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan alkohol.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang alkohol. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 16 –27
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.4 dan Latihan 6.5.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................15 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:4
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Eter merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi –O–R
sehingga dapat ditulis R–O–R’.
•Menurut IUPAC, eter diberi nama alkosialkana.
•Eter dan alkohol merupakan suatu isomer fungsi. Eter dan alkohol dapat
dibedakan berdasarkan kelarutan, titik didih, dan reaktivitasnya terhadap
logam aktif, misalnya natrium.
•Eter yang banyak digunakan adalah etil eter. Eter ini digunakan untuk
pelarut organik dan obat bius yang diberikan melalui pernapasan.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas16 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai eter.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa eter dan rumus umum eter.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan eter.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang eter. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 27–30
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.6.
Pengayaan
1.Jelaskan secara singkat tata nama eter.
2.Sebutkan sifat-sifat eter yang membedakannya dengan alkohol.
3.Sebutkan dua reaksi identifikasi gugus fungsi eter.
Kunci
Latihan 6.6
1.a.CH3
CH2
CH2
–O–CH2
CH3
c.CH3
–O–CH2
CH3
e.(CH3
)
3
C–O–CH2
CH3
2.a.etil metil eterd.dietil eter
b.dietil etere.isopropil metil eter
c.fenil metil eter
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................17 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:5 dan 6
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena
dan turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:• Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Aldehida merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi –CHO
sehingga dapat ditulis R–CHO.
•Nama aldehida diturunkan dari nama alkana yang sesuai dengan mengganti
akhiran a pada alkana dengan al.
•Isomer pada aldehida mulai ada pada atom C sebanyak empat.
•Aldehida dibuat dengan mengoksidasi alkohol primer dan melewatkan
uap air pada tembaga pijar.
•Aldehida termasuk senyawa organik polar dan mampu membentuk ikatan
hidrogen sehingga larut dalam air dan memiliki titik didih tinggi. Aldehida
merupakan suatu reduktor kuat sehingga dapat mereduksi pereaksi Tollens
dan pereaksi Fehling.18 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Aldehida yang paling banyak digunakan adalah formaldehida yang
larutannya dalam air disebut formalin.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-5
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai aldehida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa aldehida dan rumus umum
aldehida.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan aldehida.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang aldehida. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-6
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali reaksi
identifikasi gugus aldehida.
b.Kegiatan Inti
Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi gugus fungsi
aldehida, yaitu reaksi oksidasi aldehida membentuk cermin perak.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang reaksi oksidasi aldehida
membentuk cermin perak berdasarkan hasil percobaan. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan laboratorium untuk percobaan cermin perak
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 31–38
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 319 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
VI.Penilaian
Guru menilai keaktifan dan kerja sama siswa selama melakukan percobaan.
Siswa mengerjakan Latihan 6.7 dan Latihan 6.8
Pengayaan
1.Tentukan rantai induk, rantai cabang, dan nama lengkap aldehida berikut.
a.CH3
CH(CH3
)CH2
CHO
b.CH3
CH2
C(CH3
)(CH2
CH3
)CH2
CH2
CHO
c.CH3
CH(CH3
)CHO
2.Berikut ini, tentukan penamaan yang salah dan jelaskan alasannya.
a.5-etilheksanal
b.3-metilbutanal
c.2-etilpropanal
Kunci
Latihan 6.7
1.b.CH3
CH2
CH2
CHCH2
CHO
                      |
                     CH3
              CH3
               |
d.CH3
CH2
CCHO
               |
              CH3
                                 CH3
                                  |
f.CH3
CH2
CH2
CH2
CHCHCHO
                             |
                            C2
H5
2.a.butanald.2-etil-4-metilpentanal
b.etanale.2,2-dimetilpropanal
c.2-metilpropanal
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................20 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:7
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon
(haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon,
alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Keton merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi –CO–
sehingga dapat ditulis R–CO–R’.
•Nama keton diturunkan dari nama alkana yang sesuai dengan mengganti
akhiran a pada alkana dengan on.
•Keton berisomer dengan aldehida.
•Keton bersifat polar pada suku rendah dan bersifat nonpolar pada suku
tinggi.
•Keton tidak dapat mengoksidasi pereaksi Tollens dan pereaksi Fehling,
tetapi dapat direduksi menghasilkan alkohol sekunder.
•Keton yang paling banyak digunakan adalah aseton yang digunakan untuk
pelarut plastik, lilin, dan selulosa dalam proses pembuatan rayon.21 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai keton.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa keton dan rumus umum keton.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan keton.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang keton. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 38–43
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.9.
Kunci
Latihan 6.9
1.a.CH3
COCH2
CH3
c.CH3
COCH2
CH2
CH3
b.tidak bisa dibuatd.C2
H5
–CO–C2
H5
2.a.3-pentanon; dietil keton
b.2-propanon; dimetil keton
c.4-metil-2-pentanon; isobutil metil keton
d.3-metil-2-butanon; isopropil metil keton
5.untuk pelarut; keton berbau harum untuk bahan parfum
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................22 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:8
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Asam karboksilat merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi
–COOH sehingga dapat ditulis R–COOH.
•Nama asam karboksilat diturunkan dari nama alkana yang sesuai dengan
mengganti akhiran a pada alkana dengan oat, tetapi nama trivialnya lebih
sering digunakan.
•Asam karboksilat dapat membentuk ikatan hidrogen sehingga titik didih
dan titih lelehnya tinggi. Asam karboksilat suku rendah larut dalam air.
Asam karboksilat dapat bereaksi dengan alkohol membentuk ester
sehingga disebut reaksi esterifikasi.
•Asam karboksilat yang penting antara lain asam format, asam asetat, asam
oksalat, dan asam tartrat.23 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai asam karboksilat.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa asam karboksilat dan rumus
umum asam karboksilat.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan asam karboksilat.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang asam karboksilat. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 43–52
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.10 dan Latihan 6.11.
Pengayaan
1.Gugus fungsi apakah yang terdapat dalam senyawa asam karboksilat?
2.Sebutkan nama trivial asam format, asam asetat, asam propanoat, dan
asam butirat serta tuliskan rumus strukturnya.
3.Jelaskan secara singkat sifat-sifat asam karboksilat.
4.Tuliskan rumus struktur senyawa berikut:
a.asam 2-metilpropanoat
b.asam 3-metilbutanoat (asam isovalerat)
c.asam heksanadekanoat (asam palmitat)
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................24 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:9 dan 10
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloal-
kana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat,
dan alkil alkanoat)
Indikator:•Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
•Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
•Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
•Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
•menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
•menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, reaksi eliminasi);
•mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Ester merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsi –CO–OR
sehingga dapat ditulis R–CO–OR.
•Nama ester diturunkan dari nama alkana yang diberi nama alkil alkanoat.
•Titik didih ester jauh lebih rendah daripada asam karboksilat, bersifat netral,
dan berbau enak seperti buah-buahan. Ester merupakan hasil reaksi dari
asam karboksilat dan alkohol.
•Ester suku rendah pada suhu kamar berwujud cair, mudah menguap, dan
beraroma buah-buahan sehingga banyak digunakan untuk penyedap atau
esens.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum25 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai ester.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian senyawa ester dan rumus umum ester.
•Mendeskripsikan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan ester.
•Merancang dan melakukan percobaan pembuatan ester dari asam
karboksilat dan alkohol.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang ester. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan untuk percobaan pembuatan ester
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 52–57
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.12, Latihan 6.13, dan evaluasi.
Pengayaan
1.Tuliskanlah struktur dan nama asam karboksilat serta alkohol pembentuk
ester berikut.
a.CH3
–CH2
–CH2
–CO–OCH2
–CH3
b.CH3
–CO–OCH2
–CH(CH3
)–CH3
c.CH3
–CO–OCH3
2.Sebutkan aroma dari ester-ester berikut:
a.metil butiratc.etil pentanoat
b.benzil asetatd.propil etanoat
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................26 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:11
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:•Menuliskan struktur benzena dan menjelaskan stabilitas
cincinnya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan rumus struktur benzena dan membuktikan setiap atom C pada
cincin benzena fungsinya sama.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena termasuk senyawa aromatik dan memiliki rumus molekul C6
H6
.
Struktur benzena yang sebenarnya adalah suatu resonansi yang digambar-
kan oleh Kekule. Benzena tidak mengandung ikatan tunggal atau ikatan
rangkap, tetapi ikatan rangkap pada keenam atom karbon selalu berpindah-
pindah sehingga panjang ikatan tiap atom karbon sama.
•Benzena mengandung enam atom karbon yang terhibridisasi sp2
.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan pengertian senyawa benzena dan struktur Kekule serta
stabilitas cincin benzena.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang struktur benzena. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.27 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 67–70
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.1.
Pengayaan
1.Jelaskanlah secara singkat struktur benzena menurut Kekule.
2.Bagaimanakah panjang ikatan antaratom C pada struktur benzena?
3.Apa alasan benzena tidak mengalami reaksi adisi sebagaimana alkena
pada umumnya?
4.Menurut Huckel, tidak semua senyawa siklik dengan ikatan rangkap
selang-seling bersifat aromatik. Apa syarat suatu senyawa siklik dengan
ikatan rangkap selang-seling bersifat aromatik?
5.Apakah yang Anda ketahui tentang energi resonansi?
Kunci
Latihan 7.1
84 kkal/mol
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................28 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:12 dan 13
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Menuliskan tata nama senyawa benzena dan turunannya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menuliskan tata nama senyawa benzena dan turunannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Turunan benzena dapat dinamai dengan nama trivial maupun sistematik.
Beberapa nama trivial senyawa turunan benzena sekaligus menjadi nama
sistematiknya, misalnya toluena, anilina, dan fenol.
•Benzena dengan monosubstitusi diberi nama benzena sebagai rantai induk
dan nama substituen sebagai awalan, misalnya klorobenzena dan
nitrobenzena.
•Benzena dengan disubstitusi diberi angka sebagai awalan atau dengan
sistem orto, meta, para. Substituen pada posisi nomor 1 dan 2 disebut
orto. Substituen pada posisi 1 dan 3 disebut meta. Substituen pada posisi
1 dan  4 disebut para.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-12
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali struktur
benzena yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan tata nama senyawa turunan benzena dengan cara diberi
angka.29 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang tata nama benzena dan
turunannya. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
Pertemuan Ke-13
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali tata nama
benzena dengan angka yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan tata nama senyawa turunan benzena dengan sistem orto,
meta, dan para.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang tata nama benzena dan
turunannya. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 70–73
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.2.
Pengayaan
1.Tuliskan nama senyawa turunan benzena berikut.
a.c.
b.d.
2.Gambarkan rumus struktur senyawa turunan benzena berikut.
a.1,3-diklorobenzena
b.nitrobenzena
c.asam meta hidroksibenzoat
d.orto klorotoluena
Cl
Cl
CH3
NO2
NO2
OH
Br
CH2
OH30 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Kunci
Latihan 7.2
1.a.asam m-metilbenzoat
b.1-feniloktana
c.1,4-diiodobenzena
d.2,4,6-triklorofenol
e.o-hidroksistirena
f.1,3,5-tribromobenzena
2.a.d.
b.e.
c.f.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................
CH3
CH3
C2
H5
C2
H5
NH2
Br
Cl
OH
Cl
COOH
NH2
CH=CH231 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:14
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin
benzena.
•Menjelaskan pengarah orto, meta, dan para pada di-
substitusi benzena.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena;
•menjelaskan pengarah orto, meta, dan para pada disubstitusi benzena.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena tidak mengalami reaksi adisi seperti pada alkena, tetapi dapat
mengalami reaksi substitusi. Karena reaksi diawali dengan serangan elektrofil
pada elektron pi cincin benzena maka reaksi itu disebut reaksi substitusi
elektrofilik.
•Suatu benzena yang sudah tersubstitusi dapat mengalami substitusi kedua.
Struktur substitusi pertama menentukan tempat dari substitusi kedua.
•Suatu gugus yang terikat pada cincin benzena dapat digolongkan sebagai
pengarah orto, meta, dan para.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
•Mendeskripsikan pengarah orto, meta, dan para pada substitusi benzena.32 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang reaksi substitusi pada cincin
benzena. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 73–75
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.3.
Pengayaan
Tuliskan dan lengkapi persamaan reaksi dari:
a.benzena + Cl
2
 + FeCl
3
 →
b.toluena + HNO3
 pekat + H2
SO4
 pekat →
c.toluena + H2
SO4
 pekat →
Kunci
Latihan 7.3
1.a.Br
                   NO2
b.               NO2
            dan  NO2
                   Cl
             Cl
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................33 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:15
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:•Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan
turunannya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Benzena berupa zat cair pada suhu kamar, mudah menguap, bersifat non-
polar sehingga tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut nonpolar,
dan sangat beracun.
•Benzena tidak reaktif, tetapi mudah terbakar menghasilkan banyak jelaga
dan dapat mengalami reaksi substitusi, halogenasi, nitrasi, sulfonasi,
alkilasi, dan asilasi.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai sifat benzena dan turunannya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat benzena dan turunannya.
•Menjelaskan reaksi-reaksi yang terjadi pada benzena dan turunannya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat benzena dan turunannya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.34 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 75–77
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 7.4.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud dengan reaksi halogenasi, nitrai, dan alkilasi?
2.Tuliskan hasil dari reaksi-reaksi berikut:
a.benzena + metilklorida + AlCl
3
b.benzena + H2
SO4
 pekat + SO2
(g) jenuh
c.toluena + KMnO4
 + H2
SO4
d.fenol + NaOH
Kunci
Latihan 7.4
1.a.          —Br
b.          —NO2
c.           —COR
                                                                                NO2
2.            —CH3
 + HNO3
 pekat + H2
SO4
 pekat → O2
N —        —CH3
                                                                                NO2
3.–berwujud kristal tak berwarna
–sedikit larut dalam air (polar)
–bersifat asam lemah
–bereaksi dengan basa membentuk senyawa fenolat
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................35 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:16 dan 17
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama,
sifat, kegunaan benzena dan turunannya
Indikator:• Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena
dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol,
anilina, butil hidroksi toluena (BHT), butil hidroksi anisol
(BHA), TNT, aspirin, zat warna (azo) dan lain-lain.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam
kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilina, butil hidroksi toluena (BHT), butil
hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, zat warna (azo) dan lain-lain.
II.Uraian Materi Pembelajaran
Menjelaskan kegunaan benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari,
antara lain toluena, fenol, analina, BHC, TNT, dan aspirin.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali benzena dan
turunannya yang telah dipelajari sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya dalam
kehidupan sehari-hari.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang kegunaan benzena dan turunannya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.36 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 78–79
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
Pengayaan
1.Sebutkan kegunaan penting dari benzena.
2.Senyawa turunan benzena yang digunakan untuk bahan aditif pada bensin
sebagai antiletupan adalah ....
3.Fenol mudah dioksidasi oleh udara. Apa yang akan terjadi jika kristal
putih fenol diletakkan di udara terbuka?
4.Senyawa turunan benzena yang sering digunakan sebagai bahan peledak
adalah ....
5.Senyawa turunan benzena yang digunakan untuk obat sakit kepala adalah
.... Tuliskan rumus strukturnya.
Kunci
Evaluasi
A.1.D6.C
2.D7.C
3.A8.A
4.D9.B
5.A10.E
B.1.Karena benzena memiliki sifat yang berbeda dengan sifat alkena pada
umumnya, misalnya tidak mengalami reaksi adisi
3.a.1,3-dinitrobenzena
b.m-iodostirena
c.asam o-nitrobenzoat
d.p-bromofenol
5.a.benzena + HNO3
 pekat + H2
SO4
 pekat dipanaskan (reaksi nitrasi)
b.benzena + metilklorida + AlCl
3
 (reaksi alkilasi)
c.toluena + KMnO4
 + H2
SO4
 (oksidasi toluena)
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................37 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:18
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik
(karet, karbohidrat, protein, plastik).
•Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
•Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan
kondensasi) dari monomernya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat,
protein, plastik);
•menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer;
•menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari
monomernya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polimer berarti molekul raksasa atau makromolekul. Berdasarkan asalnya,
polimer dibedakan sebagai polimer alam dan polimer buatan. Polimer alam
adalah polimer yang ada di alam, sedangkan polimer buatan dirancang
manusia untuk meniru polimer alam.
•Polimer terbentuk dari ratusan sampai ribuan molekul kecil. Tiap bagian
polimer disebut monomer. Penggabungan antarmonomer disebut
polimerisasi.
•Polimerisasi dibedakan menjadi polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.
Polimerisasi adisi merupakan pembentukan polimer berdasarkan reaksi adisi.
Polimerisasi ini terjadi pada monomer yang memiliki ikatan rangkap.
Polimerisasi kondensasi merupakan penggabungan monomer yang disertai
dengan pelepasan molekul ringan, misalnya air. Polimerisasi kondensasi terjadi
pada monomer yang memiliki gugus fungsi pada kedua ujungnya.38 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
•Tata nama polimer sangat rumit karena banyak polimer memiliki struktur
yang rumit. Sebagian polimer dinamai berdasarkan gugus fungsionalnya
dengan diawali kata poli. Menurut IUPAC, nama polimer diturunkan dari
struktur unit dasar atau unit dasar konstitusi (CRU, constitutional repeat-
ing unit).
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai polimer.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian polimer.
•Mendeskripsikan reaksi pembentukan polimer, yaitu polimerisasi
adisi dan polimerisasi kondensasi.
•Mendeskripsikan tata nama polimer.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polimer. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 85–89
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.1 dan Latihan 8.2.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................39 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:19
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:•Menggolongkan polimer berdasarkan asal, jenis mono-
mer pembentuknya, dan sifatnya.
•Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai
dampaknya terhadap lingkungan.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menggolongkan polimer berdasarkan asal, jenis monomer pembentuknya,
dan sifatnya;
•mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap
lingkungan.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polimer dapat digolongkan berdasarkan asal, jenis monomer pembentuk-
nya, dan sifatnya.
•Polimer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh polimer
itu adalah polietilena, polipropilena, PVC, poliakrilonitril, teflon,
polistirena, bakelit, poliester, dan nilon.
•Kemajuan di bidang polimer telah menawarkan berbagai keuntungan
sekaligus bencana bagi kehidupan manusia. Berbagai upaya telah
dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan polimer,
khususnya plastik. Contoh upaya yang dilakukan adalah penimbunan, daur
ulang, dan membuat plastik dapat urai.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas40 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan siswa tentang
pengertian polimer.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan penggolongan polimer berdasarkan jenis monomer
dan sifatnya.
•Menyebutkan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari dan
dampaknya.
•Mendeskripsikan usaha untuk menanggulangi dampak penggunaan
polimer, khususnya plastik.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polimer. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 89–94
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.3.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud dengan homopolimer dan kopolimer?
2.Apakah perbedaan antara polimer termoplastik dan polimer termoseting?
3.Tuliskan struktur  PVC dan sebutkan kegunaannya.
4.Apakah kegunaan dari teflon?
5.Sebutkan dampak utama yang ditimbulkan oleh plastik dan upaya yang
dapat dilakukan untuk menanganinya.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................41 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:20
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan
ketosa.
•Menjelaskan rumus struktur dan tata nama monosakarida.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa;
•menjelaskan rumus struktur dan tata nama monosakarida.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Karbohidrat meliputi senyawa yang terdiri atas polihidroksi aldehida dan
keton atau turunan keduanya.
•Karbohidrat yang sudah tidak dapat dihidrolisis disebut monosakarida.
Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
•Monosakarida di alam digolongkan menjadi aldosa karena memiliki gugus
aldehida dan ketosa karena memiliki gugus keton.
•Monosakarida yang memiliki gugus aldehida/keton dan hidroksil dalam
satu molekul dapat mengalami siklisasi (membentuk struktur cincin).
•Struktur monosakarida dapat digambarkan dengan proyeksi Fischer atau
dengan rumus Haworth. Pada rumus Haworth, monosakarida digambarkan
dalam cincin segi enam datar.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai karbohidrat.42 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian karbohidrat, monosakarida, disakarida,
oligosakarida, dan polisakarida.
•Menggolongkan monosakarida berdasarkan gugus fungsi yang
dimilikinya, yaitu aldosa karena memiliki gugus aldehida dan ketosa
karena memiliki gugus keton.
•Mendeskripsikan struktur dan tata nama monosakarida.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang monosakarida. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 95–100
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.4 dan Latihan 8.5.
Pengayaan
1.Dalam struktur monosakarida, dikenal struktur bentuk D dan bentuk L.
Apakah perbedaan dari kedua struktur tersebut?
2.Apakah yang dimaksud dengan karbon anomerik?
3.Apakah perbedaan rumus Haworth untuk D-glukosa dan L-glukosa?
Gambarkan rumusnya.
4.Dalam proses siklisasi monosakarida, dikenal bentuk alfa (α) dan bentuk
beta (β). Jelaskan kedua bentuk tersebut.
5.Jelaskan perbedaan struktur piranosa dan furanosa.
Kunci
Latihan 8.4
a.aldotetrosa
b.ketopentosa
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................43 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:21
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan sifat-sifat dan kegunaan monosakarida yang
penting.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan sifat-sifat dan kegunaan monosakarida yang penting.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Semua monosakarida berwujud kristal putih yang mudah larut dalam air.
Larutannya bersifat optis aktif, dapat dioksidasi, dan dapat direduksi.
•Semua monosakarida memiliki minimal satu atom karbon asimetris
sehingga bersifat optis aktif.
•Monosakarida yang tergolong aldosa memiliki gugus aldehida dan gugus
alkohol yang keduanya dapat dioksidasi menjadi gugus karboksil.
•Monosakarida memiliki gugus aldehida dan keton sehingga dapat direduksi
menjadi alkohol.
•Contoh monosakarida yang penting adalah glukosa, fruktosa, galaktosa,
ribosa, dan 2-deoksiribosa.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali pembahasan
monosakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat-sifat monosakarida.
•Mendeskripsikan beberapa monosakarida yang penting.44 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat dan kegunaan
monosakarida. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar
dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 100–103
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.6.
Pengayaan
1.Jelaskan mengapa semua monosakarida bersifat optis aktif. Tunjukkan
dengan rumus strukturnya.
2.Mengapa gula aldosa disebut gula pereduksi?
3.Apakah hasil dari reaksi reduksi suatu aldosa, misalnya glukosa?
4.Jelaskan secara singkat apa yang Anda ketahui tentang fruktosa.
5.Gula jagung (sebagian besar terdiri atas fruktosa) dikira rendah kalori
sehingga dianggap dapat menjaga kelangsingan tubuh. Berdasarkan hasil
penelitian, fruktosa ternyata dapat menghambat pengeluaran asam urat
melalui ginjal, menyebabkan obesitas, resistansi insulin, dan penyebab
penyakit jantung koroner. Carilah informasi seputar fruktosa secara lebih
lengkap di buku, majalah, koran, atau internet. Diskusikan hasilnya dengan
teman sekelas Anda.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................45 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:22
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida
dengan bantuan enzim.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan enzim tertentu.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Disakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas dua monosakarida.
•Contoh disakarida adalah sukrosa (gula tebu), maltosa (gula pati), dan
laktosa (gula susu).
•Ikatan yang menghubungkan unit monosakarida dalam disakarida adalah
ikatan glikosida.
•Jika dihidrolisis, disakarida akan menghasilkan dua monosakarida
pembentuknya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali pembahasan
monosakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pembentukan disakarida.
•Menyebutkan disakarida yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan
mendeskripsikan sifat-sifatnya.
•Mendeskripsikan hidrolisis disakarida membentuk unit monosakarida
pembentuknya.46 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang hidrolisis disakarida. Selanjut-
nya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas
untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 103–106
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.7.
Pengayaan
1.Ikatan apakah yang menyatukan unit monosakarida dalam molekul
disakarida?
2.Senyawa disakarida yang tidak dapat mereduksi pereaksi Fehling dan
pereaksi Tollens adalah ....
3.Hasil hidrolisis sukrosa adalah ... dan ....
4.Hasil dari hidrolisis maltosa adalah ....
5.Jelaskan secara singkat sifat-sifat laktosa.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................47 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:23
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida
dengan bantuan enzim.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan enzim tertentu.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Polisakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas lebih dari 10 unit
monosakarida.
•Contoh polisakarida adalah amilum (pati), glikogen, dan selulosa.
•Jika dihidrolisis, polisakarida akan menghasilkan unit-unit monosakarida
pembentuknya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali pengertian
polisakarida.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pembentukan polisakarida.
•Menyebutkan polisakarida yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan
mendeskripsikan sifat-sifatnya.
•Mendeskripsikan hidrolisis polisakarida membentuk unit
monosakarida pembentuknya.48 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang polisakarida dan hidrolisisnya.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 106–108
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.8.
Pengayaan
1.Amilum terdiri atas amilosa dan amilopektin. Bagaimanakah cara
memisahkan keduanya?
2.Jika dihidrolisis, amilum akan menghasilkan ....
3.Polisakarida yang merupakan cadangan makanan bagi manusia dan hewan
yang disimpan di hati dan otot adalah ....
4.Hewan memamah biak mampu mencerna selulosa, tetapi mengapa
manusia tidak? Apa alasannya?
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................49 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:24 dan 25
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:•Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
•Mendeskripsikan sifat-sifat asam amino.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•menuliskan rumus struktur asam amino esensial;
•mendeskripsikan sifat-sifat asam amino.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Protein berasal dari bahasa Yunani, proteios, yang berarti pertama. Protein
merupakan polimer dari 20 asam α-amino. Massa molekul relatifnya sekitar
6.000 hingga beberapa juta. Unsur pembentuk protein adalah C, H, O, dan N.
•Hingga sekarang, telah diketahui 20 macam asam amino yang lazim
terdapat dalam protein. Dari kedua puluh asam amino itu, sepuluh asam
asam amino dapat disintesis oleh tubuh dan sepuluh lainnya harus
ditambahkan dari luar tubuh berupa makanan. Sepuluh asam amino yang
harus ditambahkan dari luar tubuh disebut asam amino esensial, sedangkan
asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh disebut asam amino non-
esensial.
•Asam amino memiliki sebuah gugus asam dan gugus amino sehingga dapat
mengalami reaksi asam basa untuk membentuk ion dipolar (zwitter ion).
•Berdasarkan rantai sampingnya, asam amino dibedakan menjadi asam
amino netral, asam amino asam, dan asam amino basa.
•Muatan suatu asam amino bervariasi bergantung pada perubahan  pH
larutan. Harga pH yang menyebabkan asam amino memiliki muatan netral
disebut titik isolistrik.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas50 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-24
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai protein.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian protein, asam amino, asam amino
esensial, dan asam amino nonesensial.
•Mendeskripsikan pembentukan ikatan peptida dan ion dipolar.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang protein. Selanjutnya, guru
melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-25
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan siswa mengenai
pembahasan asam amino pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian asam amino netral, asam amino basa,
dan asam amino asam.
•Mendeskripsikan pengertian titik isolistrik.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang klasifikasi asam amino.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 109–115
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 8.9.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................51 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:26 dan 27
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan
protein)
Indikator:• Mengidentifikasi protein dalam makanan (uji biuret, xan-
thoprotein, kertas timbal).
•Menjelaskan klasifikasi protein.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengidentifikasi protein dalam makanan (uji biuret, xanthoprotein, kertas
timbal);
•menjelaskan klasifikasi protein.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Protein terbentuk dari asam amino yang saling berikatan dengan ikatan
peptida. Adanya ikatan peptida dapat diuji dengan tes biuret, inti benzena
diuji dengan tes xanthoprotein, dan kandungan belerang diuji dengan kertas
timbal(II) asetat.
•Protein dapat diklasifikasi berdasarkan komposisi kimianya, berdasarkan
bentuknya, dan berdasarkan fungsi biologisnya.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai sifat-sifat protein.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan sifat-sifat protein dan melakukan percobaan untuk
mengidentifikasi protein yang ada dalam makanan.
•Mendeskripsikan klasifikasi protein.52 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat protein. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
•Alat dan bahan untuk percobaan uji protein.
•Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 115–120
•CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3
VI. Penilaian
Guru menilai keaktifan dan kerja sama siswa selama melakukan percobaan.
Siswa mengerjakan Latihan 8.10.
Pengayaan
1.Adanya ikatan peptida dalam protein akan memberikan hasil positif dengan
tes biuret ditandai dengan ....
2.Tes xanthoprotein (xanthoproteat) digunakan untuk menguji kandungan
... dalam protein. Hasil positif kandungan tersebut ditunjukkan dengan ....
3.Uji kertas timbal(II) asetat digunakan untuk membuktikan adanya senyawa
... dalam protein. Hasil positif senyawa tersebut ditunjukkan dengan ....
4.Apakah yang dimaksud bentuk heliks dari protein dan bagaimana hal itu
dapat terjadi?
5.Apakah perbedaan antara protein serat dan protein elips (globular)?
Kunci
Evaluasi
A.1.A6.A11.C16.B21.D
2.C7.A12.B17.E22.D
3.A8.E13.D18.A23.B
4.A9.B14.E19.B24.A
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................53 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:28
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:• Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Lemak adalah senyawa yang tidak larut dalam air.
•Lemak merupakan triester yang terbentuk dari triol gliserol dan memiliki
asam lemak yang memiliki tiga rantai panjang yang disebut asam lemak.
•Lemak diberi nama gliseril ditambah nama asam lemak pembentuknya
yang diawali dengan kata yang menunjukkan jumlah sisa asam lemak.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai lemak.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan pengertian lemak.
•Mendeskripsikan struktur dan tata nama lemak dan minyak.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang struktur dan tata nama lemak.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.54 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 129–130
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 9.1.
Pengayaan
1.Apakah yang dimaksud gliserida sederhana dan gliserida campuran?
2.Tuliskan reaksi pembuatan lemak dari:
a.gliserol dan asam laurat;
b.gliserol dan asam oleat.
Kunci
Latihan 9.1
1.O
||
CH2
—O—C—C13
H27
O
||
CH —O—C—C13
H27
O
||
CH2
—O—C—C13
H27
Trimiristin
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................55 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:29
Alokasi Waktu:2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:•Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatan-
nya.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Berdasarkan asalnya, lemak dibedakan menjadi lemak nabati dan lemak
hewani. Lemak nabati biasa disebut minyak, sedangkan lemak hewani
biasa disebut lemak.
•Lemak yang tersusun dari asam lemak yang tidak memiliki ikatan rangkap
karbon-karbon disebut lemak jenuh.
•Lemak yang tersusun dari asam lemak yang memiliki ikatan rangkap
karbon-karbon disebut lemak tak jenuh.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali pengertian
lemak dan minyak.
b.Kegiatan Inti
Mendeskripsikan klasifikasi lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang klasifikasi lemak. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.56 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 130–131
VI.Penilaian
Siswa diberi tes tertulis, lisan, atau tugas.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................57 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah:....
Mata Pelajaran:Kimia
Kelas/Semester:XII/2
Pertemuan Ke-:30–32
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran dan 2 jam pelajaran ulangan harian
Standar Kompetensi:4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan
turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar:4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan,
sifat, dan kegunaan lemak
Indikator:•Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia
lemak dan minyak.
•Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak
dalam kehidupan.
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
•mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak;
•mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan.
II.Uraian Materi Pembelajaran
•Lemak dan minyak memiliki gugus hidrokarbon hidrofob yang sangat
banyak sehingga tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut nonpolar.
Titik cair suatu lemak atau minyak dipengaruhi oleh sifat asam lemak,
yaitu daya tarik antarasam.
•Makin banyak ikatan rangkap yang dimiliki suatu lemak, makin rendah
titik didihnya.
•Lemak atau minyak dapat bereaksi dengan basa kuat (NaOH atau KOH)
membentuk sabun sehingga reaksinya disebut reaksi penyabunan
(saponifikasi). Hasil sampingan reaksi penyabunan adalah gliserol.
•Lemak dan minyak kadang-kadang dilakukan proses hidrogenasi, yaitu
direaksikan dengan hidrogen (H2
) untuk memperoleh kestabilan terhadap
oksidasi, memperbaiki warna, dan mengubah lemak cair menjadi padat.
•Oksidasi merupakan penyebab kerusakan lemak yang utama. Kerusakan
lemak akibat oksidasi ditandai dengan timbulnya bau dan rasa tengik
sehingga disebut peristiwa ketengikan (rancidity).
•Lemak dan minyak yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
antara lain minyak goreng, mentega, margarin, mentega putih, dan gajih.58 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-30
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali struktur lemak
dan minyak.
b.Kegiatan Inti
•Mendeskripsikan titik didih lemak dan minyak kaitannya dengan
struktur asam lemaknya.
•Mendeskripsikan bilangan iodin untuk menyatakan ketidakjenuhan
lemak.
•Mendeskripsikan reaksi penyabunan pada lemak.
•Mendeskripsikan proses hidrogenasi pada lemak/minyak untuk
memperoleh kestabilan.
•Mendeskripsikan peristiwa oksidasi pada lemak dan akibatnya.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat-sifat lemak. Selanjutnya,
guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
Pertemuan Ke-31
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali sifat-sifat
lemak dan minyak.
b.Kegiatan Inti
Menyebutkan kegunaan lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari.
c.Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang kegunaan lemak dan minyak.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
V.Alat dan Sumber Belajar
Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 131–136
VI.Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 9.2.59 KTSP Sains Kimia SMA 3B R1
Pengayaan
1.Tunjukkanlah gugus hidrofob dan gugus hidrofil pada struktur lemak/
minyak.
2.Makin banyak ikatan rangkap yang dimiliki suatu asam lemak, makin
rendah titik cairnya. Mengapa demikian?
3.Jelaskan pengertian bilangan iodin pada lemak.
4.Apakah yang dimaksud reaksi penyabunan? Tuliskan reaksinya.
5.Jelaskan bahwa saponifikasi adalah suatu hidrolisis.
Mengetahui,................, .....................
Kepala SekolahGuru Kimia
(___________________)(___________________)
NIP. ................................NIP. ................................

1 komentar: