Minggu, 03 Oktober 2010

Andi Bs Asmarani


H.Mahmud Sapsal Barugae 085242472483

HUBUNGAN ANTARA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 221 SOMPE
KECAMATAN SABBANGPARU KAB.WAJO









Skripsi diajukan untuk memenuhi kewajiban dan melengkapi

syarat guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi

Agama Islam As’adiyah (STAI) Sengkang


Oleh


ANDI BESSE
NIM. 05520034




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM

(STAI) AS’ADIYAH

SENGKANG  

2010

PENGESAHAN SKRIPSI




Skripsi yang berjudul “Hubungan antara Kehidupan Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo”, yang disusun oleh: Andi Besse, NIM: 05520034, mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As’adiyah, telah diuji dan dipertahankan dalam Sidang Munaqasyahkan yang diselenggarakan pada hari ………………2010 M dan dinyatakan telah dapat diterima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.) Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah dengan beberapa perbaikan. 


Sengkang, …………2010

DEWAN PENGUJI

Ketua                   :  Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag    (.................................. )
Sekretaris             :                                                                      (.................................. )
Munaqisy I          :                                                                      (.................................. )
Munaqisy II         :                                                                      (.................................. )
Pembimbing I      :                                                                      (.................................. )
Pembimbing II    :                                                                      (.................................. )


Diketahui Oleh
Ketua STAI As’adiyah,




Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag


PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI



Dengan penuh kesadaran, penyusun yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa skripsi ini benar adalah hasil karya penyusun sendiri. Jika ternyata di kemudian hari terbukti bahwa ia merupakan duplikat, tiruan, plagiat atau dibuat/dibantu orang lain secara keseluruhan atau sebagian, maka skripsi dan gelar yang diperoleh karenanya batal demi hukum.



                                                     Sengkang, 15 Januari 2010              
                                                                         Penyusun,




                                                                        Andi Besse
                                                                        Nim. 05520034



 

 














PERSETUJUAN PEMBIMBING



Pembimbing  penulisan  skripsi  saudara Andi Besse. NIM. 05520034, mahasiswa Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI As’adiyah, setelah dengan seksama meneliti dan mengoreksi skripsi yang bersangkutan, dengan judul: Hubungan antara Kehidupan Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo, memandang bahwa skripsi tersebut telah memenuhi syarat-syarat ilmiah dan dapat disetujui untuk diajukan ke dalam sidang munaqasyah.
Demikian persetujuan ini diberikan untuk diproses selanjutnya.
      
           





                                                                                Sengkang, 15 Januari 2010

Pembimbing I,                                                         Pembimbing II,


 


                                                                               










KATA PENGANTAR
F

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ لأَ نْبِيَا ءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ  سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى آ لِهِ  وَ أَصْحَا بِهِ أَجْمَعِيْنَ 

Syukur al hamdulillah, senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah swt, Tuhan semesta alam, Sholawat dan keselamatan atas junjungan Nabi Muhammad saw, serta para keluarga dan sahabat beliau, bahkan sampai kepada ummat Islam seluruhnya.
Dalam  kata  pengantar   ini,  penulis   menyampaikan   penghargaan dan terima kasih banyak, kepada yth.:
1. Kedua orang tua (ayah dan ibu) penulis, yang senantiasa mengasuh dan mendidik penulis untuk menjadi orang yang berguna bagi agama, bangsa dan negara.
2. Bapak Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag. Ketua STAI As’adiyah, yang senantiasa mencurahkan perhatiannya demi kelancaran perkuliahan di STAI As’adiyah.
3. Bapak Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam pada STAI As’adiyah, yang senantiasa memberikan bimbingan kepada penulis dalam mengikuti perkuliahan di STAI As’adiyah.
4. Bapak pembimbing penulis dalam menyusun skripsi ini yang senantiasa  mencurahkan  tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan kepada penulis.
5. Para Dosen dan Karyawan STAI As’adiyah serta semua guru yang pernah mengajar penulis., mulai SD/MI sampai SMA/MA, dengan ketulusan dan keikhlasannya telah membimbing penulis sehingga memperoleh pengetahuan termasuk dalam penulisan skripsi ini.    
6. Kepala SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo yang telah ramah tamah menerima penulis untuk meneliti di lokasi tersebut.
Semoga budi jasa tersebut mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah swt., dan mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembangunan bangsa, khususnya bagi penulis dalam menyelesaikan studi di STAI As’adiyah.


                                                                       Sengkang, 15 Januari 2010                                                    
 Penulis,
                                        

Andi Besse
NIM. 05520034


 



















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL                                                                                                     i        
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                     iii
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI                                                                     iv
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING                                                          v
KATA PENGANTAR                                                                                                  vi
DAFTAR ISI                                                                                                              viii
ABSTRAK                                                                                                                   ix
BAB   I.   PENDAHULUAN                                                                                       1
                     A. Latar Belakang Masalah                                                                      1
                      B. Rumusan Masalah                                                                                4
                   C. Hipotesis                                                                                                   5
                   D. Pengertian Judul                                                                                       5
                   E. Kajian Pustaka                                                                                          7
                   F. Tujuan dan Kegunaan Penelitian                                                              8
                   G. Metode Penelitian                                                                                    9
                   H. Garis Besar Skripsi                                                                                 13

BAB II.   TINJAUAN TENTANG KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI
                 DAN PRESTASI BELAJAR                                                                     15
A. Kehidupan Sosial Ekonomi                                                                    15
1. Pengertian Konsep (Sosial Ekonomi)                                                 15
2. Klasifikasi Kehidupan Sosial Ekonomi                                              16
B. Prestasi Belajar                                                                                       18
1. Pengertian Prestasi Belajar                                                                 18
2. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar               20
3. Indikator Prestasi Belajar                                                                   31
BAB III. GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN                                     34

A. Latar Belakang Berdirinya                                                                     34
B. Fasilitas Sarana Pendidikan                                                                    35
C. Keadaan Guru dan Siswa                                                                       36
D. Struktur Program Pengajaran                                                                 38

BAB IV. HUBUNGAN ANTARA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI
                 DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 221 SOMPE
                 KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO                     42

A. Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa SDN 221
Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo                                                   42
B. Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan
Sabbangparu Wajo                                                                                  45
C. Hubungan antara Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua
Dengan Prestasi Belajar Siswa                                                               47
D. Upaya-Upaya yang Dilakukan dalam Meningkatkan
     Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan
Sabbangparu Wajo                                                                                  50


BAB  V.  PENUTUP                                                                                                  55
                 A. Kesimpulan                                                                                             55
                 B. Saran                                                                                                       56

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                 57






ABSTRAK

Nama          : Andi Besse
NIM           :  05520034
Judul          : Hubungan antara Kehidupan Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hubungan antara kehidupan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo, (2) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo dan (3) kehidupan sosial ekonomi orang tua siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo.
Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif dengan menjadikan siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo sebagai unit analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo yang berjumlah 203 orang, beserta 8 orang guru, sedangkan sampel siswa berjumlah 25 orang. Pengumpulan data untuk mendeskripsikan hubungan antara kehidupan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa digunakan teknik angket, sedangkan untuk memperoleh data tambahan, dilakukan dengan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hubungan antara kehidupan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo, adalah sangat erat atau berkaitan erat karena faktor sosial ekonomi orang tua siswa memberi motivasi dan membangkitkan minat belajar siswa sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik melalui evaluasi ulangan harian, blok, maupun semester, (2) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo adalah dengan memenuhi permintaan dan kebutuhan siswa dalam hal kelengkapan buku paket serta alat tulis menulis dan pendukung pembelajaran lainnya, sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Selain itu upaya meningkatkan prestasi belajar siswa juga dilakukan oleh guru dalam kegiatan proses belajar mengajar, yaitu dengan mengefektifkan kegiatan pembelajaran tersebut, sehingga siswa mengerti, memahami dan dapat mengimplementasikan materi pelajaran, dan (3) kehidupan sosial ekonomi orang tua siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo adalah bervariasi. Artinya, bahwa mereka di antaranya ada yang berpendapatan memadai untuk memenuhi kebutuhan belajar anak seperti pengadaan alat tulis menulis, serta kelengkapan buku paket dan kelengkapan belajar lainnya, naum sebahagian orang tua masih dalam taraf  prasejahtera, mengingat pekerjaan orang tua siswa sebahagian adalah buruh tani, buruh pabrik dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar