H.Mahmud Sapsal Barugae 085242472483
HUBUNGAN ANTARA
KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 221 SOMPE
KECAMATAN SABBANGPARU KAB.WAJO
Skripsi diajukan untuk memenuhi kewajiban dan melengkapi
syarat guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi
Agama Islam As’adiyah (STAI) Sengkang
Oleh
ANDI BESSE
NIM. 05520034
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) AS’ADIYAH
SENGKANG
2010
PENGESAHAN SKRIPSI
Skripsi yang berjudul “Hubungan antara Kehidupan Sosial Ekonomi
dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten
Wajo”, yang disusun oleh: Andi Besse, NIM: 05520034, mahasiswa
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama
Islam (STAI) As’adiyah, telah diuji dan dipertahankan dalam Sidang
Munaqasyahkan yang diselenggarakan pada hari ………………2010 M dan dinyatakan telah dapat diterima
sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I.) Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah dengan beberapa
perbaikan.
Sengkang, …………2010
DEWAN PENGUJI
Ketua : Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag (.................................. )
Sekretaris : (.................................. )
Munaqisy I : (.................................. )
Munaqisy II :
(.................................. )
Pembimbing I : (.................................. )
Pembimbing II : (.................................. )
Diketahui Oleh
Ketua STAI As’adiyah,
Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
Dengan
penuh kesadaran, penyusun yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa
skripsi ini benar adalah hasil karya penyusun sendiri. Jika ternyata di kemudian
hari terbukti bahwa ia merupakan duplikat, tiruan, plagiat atau dibuat/dibantu
orang lain secara keseluruhan atau sebagian, maka skripsi dan gelar yang
diperoleh karenanya batal demi hukum.
Sengkang, 15 Januari 2010
Penyusun,
Andi Besse
Nim. 05520034
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Pembimbing penulisan skripsi
saudara Andi Besse. NIM. 05520034, mahasiswa Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Agama Islam STAI As’adiyah, setelah dengan seksama meneliti dan mengoreksi
skripsi yang bersangkutan, dengan judul: Hubungan antara Kehidupan Sosial Ekonomi dengan
Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo, memandang bahwa skripsi tersebut telah memenuhi syarat-syarat ilmiah
dan dapat disetujui untuk diajukan ke dalam sidang munaqasyah.
Demikian persetujuan ini diberikan untuk diproses selanjutnya.
Sengkang, 15 Januari
2010
Pembimbing I,
Pembimbing II,
KATA PENGANTAR
F
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ
وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ لأَ نْبِيَا ءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى
آ لِهِ وَ أَصْحَا بِهِ أَجْمَعِيْنَ
Syukur al hamdulillah, senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah swt, Tuhan
semesta alam, Sholawat dan keselamatan atas junjungan Nabi Muhammad saw, serta
para keluarga dan sahabat beliau, bahkan sampai kepada ummat Islam seluruhnya.
Dalam kata pengantar
ini, penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih banyak, kepada
yth.:
1. Kedua orang tua (ayah dan ibu) penulis, yang senantiasa mengasuh dan
mendidik penulis untuk menjadi orang yang berguna bagi agama, bangsa dan
negara.
2. Bapak Drs. H. Muh. Yunus Pasanreseng, M.Ag. Ketua STAI As’adiyah,
yang senantiasa mencurahkan perhatiannya demi kelancaran perkuliahan di STAI
As’adiyah.
3. Bapak Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam pada STAI As’adiyah, yang
senantiasa memberikan bimbingan kepada penulis dalam mengikuti perkuliahan di STAI
As’adiyah.
4. Bapak pembimbing penulis dalam menyusun skripsi ini yang
senantiasa mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk memberikan
bimbingan kepada penulis.
5. Para Dosen dan Karyawan STAI As’adiyah serta semua guru yang pernah
mengajar penulis., mulai SD/MI sampai SMA/MA, dengan ketulusan dan
keikhlasannya telah membimbing penulis sehingga memperoleh pengetahuan termasuk
dalam penulisan skripsi ini.
6. Kepala SDN 221 Sompe
Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo yang telah
ramah tamah menerima penulis untuk meneliti di lokasi tersebut.
Semoga budi jasa tersebut mendapat imbalan yang berlipat ganda dari
Allah swt., dan mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembangunan
bangsa, khususnya bagi penulis dalam menyelesaikan studi di STAI As’adiyah.
Sengkang, 15 Januari
2010
Penulis,
Andi Besse
NIM. 05520034
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN iii
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI iv
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING v
KATA PENGANTAR vi
DAFTAR ISI viii
ABSTRAK ix
BAB
I. PENDAHULUAN 1
A.
Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 4
C.
Hipotesis 5
D.
Pengertian Judul 5
E.
Kajian Pustaka 7
F.
Tujuan dan Kegunaan Penelitian 8
G.
Metode Penelitian 9
H.
Garis Besar Skripsi 13
BAB II. TINJAUAN TENTANG KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI
DAN
PRESTASI BELAJAR 15
A. Kehidupan Sosial Ekonomi 15
1. Pengertian Konsep (Sosial Ekonomi) 15
2. Klasifikasi Kehidupan Sosial Ekonomi 16
B. Prestasi Belajar 18
1. Pengertian Prestasi Belajar 18
2. Faktor-Faktor
yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar 20
3. Indikator
Prestasi Belajar 31
BAB III. GAMBARAN UMUM LOKASI
PENELITIAN 34
A. Latar
Belakang Berdirinya 34
B. Fasilitas
Sarana Pendidikan 35
C. Keadaan Guru
dan Siswa 36
D. Struktur
Program Pengajaran 38
BAB IV. HUBUNGAN ANTARA KEHIDUPAN SOSIAL
EKONOMI
DENGAN PRESTASI
BELAJAR SISWA DI SDN 221 SOMPE
KECAMATAN SABBANGPARU
KABUPATEN WAJO 42
A. Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa SDN 221
Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo 42
B. Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan
Sabbangparu Wajo 45
C. Hubungan
antara Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua
Dengan Prestasi Belajar Siswa 47
D. Upaya-Upaya
yang Dilakukan dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe
Kecamatan
Sabbangparu Wajo 50
BAB
V. PENUTUP 55
A.
Kesimpulan 55
B.
Saran 56
DAFTAR PUSTAKA 57
ABSTRAK
Nama :
Andi Besse
NIM : 05520034
Judul : Hubungan antara Kehidupan Sosial
Ekonomi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu
Kabupaten Wajo
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hubungan
antara kehidupan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SDN 221 Sompe
Kecamatan Sabbangparu Wajo, (2) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo dan (3) kehidupan
sosial ekonomi orang tua siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo.
Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif dengan
menjadikan siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo sebagai unit
analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 221 Sompe Kecamatan
Sabbangparu Wajo yang berjumlah 203 orang, beserta 8 orang guru, sedangkan
sampel siswa berjumlah 25 orang. Pengumpulan data untuk mendeskripsikan hubungan
antara kehidupan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa digunakan
teknik angket, sedangkan untuk memperoleh data tambahan, dilakukan dengan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hubungan antara
kehidupan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SDN 221 Sompe
Kecamatan Sabbangparu Wajo, adalah sangat erat atau berkaitan erat karena faktor
sosial ekonomi orang tua siswa memberi motivasi dan membangkitkan minat belajar
siswa sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik melalui
evaluasi ulangan harian, blok, maupun semester, (2) upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 221 Sompe Kecamatan Sabbangparu Wajo
adalah dengan memenuhi permintaan dan kebutuhan siswa dalam hal kelengkapan
buku paket serta alat tulis menulis dan pendukung pembelajaran lainnya,
sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Selain itu upaya meningkatkan
prestasi belajar siswa juga dilakukan oleh guru dalam kegiatan proses belajar
mengajar, yaitu dengan mengefektifkan kegiatan pembelajaran tersebut, sehingga
siswa mengerti, memahami dan dapat mengimplementasikan materi pelajaran, dan
(3) kehidupan sosial ekonomi orang tua siswa di SDN 221 Sompe Kecamatan
Sabbangparu Wajo adalah bervariasi. Artinya, bahwa mereka di antaranya ada yang
berpendapatan memadai untuk memenuhi kebutuhan belajar anak seperti pengadaan
alat tulis menulis, serta kelengkapan buku paket dan kelengkapan belajar
lainnya, naum sebahagian orang tua masih dalam
taraf prasejahtera, mengingat pekerjaan
orang tua siswa sebahagian adalah buruh tani, buruh pabrik dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar